Agustus 15, 2023, 22:09 WIB
Last Updated 2023-08-15T15:09:37Z
Desa Tapang Pulau

Desa Tp Pulau Gelar Deklarasi ODF Ini Pesan Bupati Untuk Masyarakat

Advertisement

 


PENAKHATULISTIWA.ID(SEKADAU) - Pemerintah Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF). Senin(14/08/23) Kegiatan itu berlangsung di Pasar Rakyat Tapang Pulau.



Hadir dalam acara tersebut Bupati Sekadau Aron, Ketua TP PKK kabupaten Sekadau Mahdalena Susilawati Aron. Kepala Dinas Pendidikan Frans Dawal, Kepala Dinas Kesehatan PP & KB Henry Alpinus. Anggota DPRD kabupaten Sekadau Yodi Setiawan, Bambang Setiawan


Kepala Desa Tapang Pulau Elpedeus Menyebut, Desa Tapang Pulau menjadi Desa ke-2 yang secara resmi mendeklarasikan status ODF di Kecamatan Belitang Hilir. 


"Pada acara ini, 10 perwakilan masyarakat secara simbolis memberikan pernyataan komitmen untuk menghentikan praktik buang air besar sembarangan," Kata Kades


Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam ODF kepada desa serta penandatanganan prasasti 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Bupati Sekadau, Aron, S.H.


Sementara itu Bupati Sekadau Aron mengawali sambutannya  menyatakan bahwa momentum ini seharusnya menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk ikut melangkah dan melakukan deklarasi ODF.  Dia juga mengungkapkan harapannya agar semua pihak terus berkolaborasi ke depannya, dengan tujuan melaksanakan ODF sebagai bagian dari upaya pemenuhan kesejahteraan masyarakat.



Bupati Aron juga mengungkapkan kebahagiaannya bahwa Kabupaten Sekadau memiliki satu wilayah yang berhasil mencapai status 100% ODF, yaitu Kecamatan Nanga Taman.


 "Jika desa-desa lain bisa melakukannya, maka tidak ada alasan bagi desa ini untuk tidak mengikuti jejak yang sama," ujarnya dengan semangat.


(Iwan)