PENA KHATULISTIWA
Mei 03, 2023, 18:40 WIB
Last Updated 2023-05-03T13:08:50Z
Politik

PIlgub Kalbar : Lasarus Kalah Jika Tak Gandeng Tokoh NU

Advertisement

Adi tokoh muda NU Sekadau 

 Penakhatulistiwa.id (Kalbar) - 2024 sepertinya akan menarik dan penuh dinamika. Tidak hanya di Pilpres, dinamika politik lokal di Kalimantan Barat juga cukup menarik di ikuti.


Misalnya Pilgub Kalimantan Barat yang juga akan dilaksanakan 2024 nanti cukup menyita perhatian.


Ketua komisi V DPRRI yang juga merupakan ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus kemungkinan akan turun gelanggang mengikuti kontestasi tersebut karena diketahui PDIP bisa partai penguasa bisa mencalonkan sendiri pada Pilgub 2024 mendatang. 


Menarik di bahas dari pencalonan Lasarus, Tokoh Muda NU Sekadau Adi mengatakan bahwa Lasarus berat untuk menang Pilkada kali ini. 


"Walaupun PDIP menguasai mayoritas kursi di DPRD Kalbar nampaknya akan sulit untuk bisa Lasarus duduk sebagai orang nomor satu Kalimantan Barat, pasalnya pada pilkada juga banyak kader PDIP Kalah di Pilbup," ujarnya .


Adi juga mengatakan bahwa hal realistis jika ingin menang lasarus harusnya Gadeng tokoh NU untuk berpasangan dengannya.


"Di PDIP Kalbar sudah ada Pak Jiwo dan informasi yang saya dapat juga Haji Sukiryanto yang mana beliau cukup dekat dengan Nahdliyyin sudah bergabung, berarti tinggal Lasarus gandeng tokoh Nahdliyyin lain atau mungkin bisa koalisi dengan PKB agar bisa membulatkan suara Nahdliyyin untuk bisa mendukung Lasarus," ucapnya .


Adi juga mengatakan ke khawatiran nya jika Lasarus tidak berpasangan dengan tokoh Nahdliyyin kemungkinan besar akan kalah dalam Pilgub Kalbar kali ini .


"Yang khawatirnya Lasarus akan kalah jika tak berpasangan dengan tokoh Nahdliyyin, ya saya yakin kalah Lasarus, saya termasuk yang meyakini pak Midji masih kuat dan cukup baik dalam memimpin Kalbar," ujarnya .


Ditanya mengenai siapa tokoh yang layak mendampingi lasarus Adi mengatakan 3 tokoh ini paling Favorit di kalangan Nahdliyyin.


"Yang pertama tentu Ada Mulyadi Tawik beliau selain tak diragukan lagi kiprahnya untuk Nahdliyyin Kalbar juga memiliki mesin politik yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kemudian Habib Abdullah bin Yahya juga cukup kuat pengaruh dan kharismanya di kalangan Nahdliyyin Kalbar, beliau juga merupakan Ketua dewan syuro PKB dan satu nama yang tak boleh dilupakan adalah duta besar Azerbaijan Haji Hildi Hamid," beliau ketua PWNU Kalbar periode lalu, beliau juga tak diragukan soal pengalaman karena pernah menjadi bupati Kayong Utara," ujar Adi yang sekarang juga merupakan pengurus PP IPNU.


"Jika berpasangan dengan salah satu tokoh tersebut ya tentunya kami All out mendukung Lasarus, kalo tida berpasangan dengan tokoh tersebut kita tidak ada beban moral untuk menangkan Lasarus," tutupnya sambil tertawa .


Diketahui Pilgub Kalimantan Barat akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

Sejumlah nama muncul untuk menjadi penantang petahana Haji Sutrmidji yang kemungkinan besar juga tidak berpasangan lagi dengan Haji Ria Norsan .


Sejauh ini nama terkut sebagai penantangnya adalah Lasarus,politisi senior asal Sintang yang hari ini menjabat ketua komisi V DPRRI dan juga ketua DPD PDIP Kalbar


IS