PENA KHATULISTIWA
Mei 05, 2023, 11:54 WIB
Last Updated 2023-05-05T04:54:20Z

Ketum Sebayu Hadiri Penutupan Festival Meriam Karbit Ikran Pontianak

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Pontianak) - Ikatan keluarga Kuantan (Ikran) kota Pontianak menutup agenda Festival meriam karbet dengan mengadakan Halal Bi Halal.


Acara tersebut turut di hadiri camat Pontinak Selatan Martagus, S.E, Lurah BML Ibu Lestari Ketua. Umum Sebayu Sy Yusmayudi Yusuf. Ketua Sebayu kota Pontianak Heri ade Sahputra dan sejumlah tokoh masyarakat sekitar Gg Kuantan dan BML.



Diketuai oleh Agus Sopian dan di motori  Yudha, Muliardi  dan pemuda pemudi Gg. Kuantan IKRAN mampu menunjukan eksitensinya dan menjadi pengerak dalam melestarikan salah satu budaya tak benda yang ada di kota Pontianak yaitu permainan Meriam Karbet


Dalam sambutannya Pak Camat Pontianak Selatan Bp. Martagus, SE dalam kesempatan ini mewakili bapak Wali Kota Pontianak mengapresiasi warga masyarakat Gg. kuantan khususnya anak-anak mudanya yang mau melestarikn salah satu Budaya warisan kesultanan Qadriah kota pontianak dan tak lupa juga mengapresiasi peran ortua yang mampu mengarahkn anak-anak nya untuk Mengenal dan  melestarikn salah satu Tradisi masyarakat pingirian Sungai Kapuas Kota Pontianak


Sementara itu Sy Yusmayudi Yusuf selaku Ketum Sebayu menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi terhadap apa yang sudah  dilakukan IKRAN terhadap budaya. dalam kesempatan ini juga Habib Yudi, biasa beliau di sapa, menyampaikan Permainan meriam di Cafe tepian kapuas bersama IKRAN memiliki sejarah yang tak bisa di lepas dari proses Lahirnya Sebayu yang tergambar di logo Sebayu yang di ciptakan oleh salah satu Anggota IKRAN di mana terdapat gambar 2 meriam.


Selain mengapresiasi dan akan melestarikan Permainan meriam Gambar 2 meriam di logo Sebayu  melambangkan Spirit yang menggema dan menggelegar sehingga Sebayu mampu menggema keseantero Nusantara dalam mewujudkan Islam Yang Rahmatan Lil Alamin menuju Rumpun Melayu yang Berkemajuan.


Dalam kesempatan ini juga Habib Yudi menyampaikn Sebayu mendorong agar DPD Sebayu se Kalbar khususnya sepanjang Aliran Sungai dapat melestarikan permainan meriam dan saat ini di Sintang, Sekadau, ketapang juga mengadakan kegiatan yang sama dalam menyambut hari kemenangan (idul Fitri)

Demikian Hb yudi menutup perbincangan dengan awak media


(Is)