PENA KHATULISTIWA
April 17, 2023, 12:18 WIB
Last Updated 2023-04-17T05:18:20Z
OPS Ketupat 2023

Wabup Sekadau Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS ketupat 2023

Advertisement

 

Wabup saat memeriksa kesiapan petugas 

Penakhatulististiwa.id (Sekadau) - Wakil Bupati Sekadau Subandrio Hadiri apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat pada Idul Fitri 1444 Hijriyah. Mapolres sekadau. Senin(17/04/23)


Apel gelar pasukan tersebut diikuti TNI,Polri. Pol PP, Dishub, BPBD, Dinkes, PLN dan Ormas. Serta dihadiri oleh Kapolres sekadau AKBP Suyono. Dandim 1204 Sanggau-Sekadau Letkol Bayu Yudha Pratama. Wakil Bupati Sekadau Subandrio S.H M.H,. 


Kapolres sekadau pada saat itu bertindak sebagai inspektur apel. Beliau Menyampaikan amanat Kapolri, Kapolres Sekadau AKBP Suyono menyebut apel gelar pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan Operasi sekaligus wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam mengamankan mudik dan perayaan Idul Fitri 1444 H.


"Kerja keras pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapat apresiasi masyarakat. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik," tuturnya.


Terlebih lagi diperkirakan potensi pergerakan masyarakat mengalami peningkatan 44,8% dari tahun sebelumnya sehingga perlu komitmen bersama dalam pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. 

 

Lebih jauh Kapolres Sekadau menyampaikan, terkait permasalahan laka lantas perlu dioptimalkan upaya preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik rawan kecelakaan.


"Ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan," lanjutnya.


Berbagai upaya pada operasi Ketupat 2023 harus didukung oleh penguatan komunikasi publik sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik.


Sementara itu kepada awak media Wakil Bupati Sekadau, mengucapkan selamat hari raya idul Fitri 1444 hijriah kepada umat Islam yang ada di Sekadau, Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran dalam Operasi ketupat 2023 agar selalu berkoordinasi hal-hal teknis dilapangan selalu menjaga kesehatan semoga Tuhan membalas dengan kasih sayangnya.


"Tentu tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, jika kita lihat akan ada lonjakan aktivitas Ilir mudik bagi masyarakat, hal ini berbeda sebab tahun lalu mungkin masih ada penerapan protokol kesehatan," Kata Wabup


Untuk itu sepertinya rekan-rekan dalam bertugas pada operasi ketupat ini akan lebih ekstra tugasnya,"tutupnya


(Iwan)