PENA KHATULISTIWA
Februari 14, 2023, 19:13 WIB
Last Updated 2023-02-14T12:13:06Z

Wujud Peduli, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Bantu Tebang Pohon Yang Rawan Tumbang

Advertisement


Penakhatulistiwa.id(Sambas) - Wujud kepedulian di wilayah perbatasan untuk mencegah dan mengantisipasi pohon tumbang yang dapat mengakibatkan korban jiwa pengguna jalan dan para berkendara, jajaran Pos Sei Tengah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha bersama warga masyarakat setempat memangkas atau pemotongan sejumlah pohon rawan tumbang, bertempat Kp. Sinjan, Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.


Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, KalimantanBarat. Senin, 13 Februari 2023.


Dansatgas menuturkan, kegiatan pemangkasan pohon rawan tumbang di pinggir jalan tersebut inisiatif dari Prajurit pos sei tengah satgas pamtas yonif 645/gty dengan dipimpin oleh Wadanpos Sei Tengah Serda Efrin beserta 4 (empat) orang anggota Bersama dengan warga masyarakat setempat."Ujar Dansatgas.


Dikatakannya,"bahwa mengingat juga cuaca sekarang yang tidak menentu terkadang hujan turun sering disertai dengan angin kencang. Menyikapi hal ini kita harus lebih jeli dan peka terhadap setiap kemungkinan yang akan terjadi, seperti pohon tumbang dan kita lakukan penebangan pohon dalam mengantisipasi terhadap kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan bagi setiap pengguna jalan atau para pengendara baik motor ataupun mobil."Imbuhnya.


Ini merupakan bentuk kepedulian kami satgas pamtas terhadap wilayah binaan di perbatasan, dalam mengantisipasi dan menghindarkan kejadian tertimpa pohon rawan tumbang yang bisa mengakibatkan korban jiwa atau hal yang tidak diinginkan.


Selanjutnya,"Kadus Sungai Tengah Bapak Misnin mewakili warga masyarakat dusun sei tengah mengucapkan rasa terima kasihnya karena bapak-bapak TNI dalam hal ini Prajurit Pos Sei Tengah Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatam Yudha telah peduli terhadap lingkungan sekitar untuk kepentingan keselamatan Bersama dengan berinisiatif memangkas pohon-pohon yang rawan tumbang dengan warga masyarakat sekitar. Sekali lagi Kami mewakili masyarakat dusun sei tengah, semoga kebaikan-kebaikan dari prajurit satgas pamtas di balaskan kebaikannya oleh Tuhan TME serta selalu dilindungi sampai akhir penugasan nanti." Ujarnya.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.