PENA KHATULISTIWA
Januari 03, 2023, 18:11 WIB
Last Updated 2023-01-03T11:11:23Z

Wujud Kepedulian, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Bantu Proses Pemakaman Warga

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id(Sambas) - Wujud kepedulian terhadap kesulitan warga perbatasan serta Sinergitas antara anggota TNI dan warga di wilayah perbatasan RI-Malaysia sector barat Kalimantan barat yang berbatasan langsung dengan serawak malaysia, Pos Temajuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha membantu prosesi pemakaman salah seorang warga perbatasan yang meninggal dunia, bertempat di dusun Sepadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.


Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.Selasa, 3 Januari 2023.


Personel Pos Temajuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha yang dipimpin oleh Kopda Hafriyadi Beserta 4 (empat) orang anggota membantu prosesi pemakaman Almarhum Wak Kopel yang meninggal dunia karena sakit."Ujar Dansatgas.


Kopda Hafriyadi menyampaikan," bantuan tersebut dilakukan setelah anggotanya mendapat informasi bahwa didaerah binaan pos nya ada salah seorang warga yang meninggal dunia Bernama Wak Kopel di kampung tersebut.


Lebih lanjut dikatakan, untuk meringankan beban keluarga dan turut berbela sungkawa terhadap keluarga. Personel Pos Temajuk mendatangi rumah duka dan ikut membantu proses pemakaman warganya yang berada disekitar pos atau yang termasuk wilayah binaannya."Imbuhnya.


Dansatgas mengatakan," Selain dalam tugas pokok menjaga Perbatasan Rl-Malaysia, menjaga pilar batas, mencegah masuknya barang-barang illegal dan mencegah masuknya narkotika dari negara tetangga, Satgas Pamtas juga mempunyai tugas kemanusiaan yang termasuk di dalam program pembinaan teritorial (BINTER) terhadap wilayah binaan pos-pos jajarannya, salah satunya adalah membantu terhadap warga yang mengalami kesusahan, sedang mengalami musibah ataupun kedukaan seperti saat ini." Terangnya.


"Kegiatan seperti ini, merupakan bentuk kepedulian dan upaya TNI (Satgas Pamtas) untuk senantiasa mendekatkan diri dengan masyarakat perbatasan, sehingga terwujud hubungan yang harmonis dan komunikasi yang baik, sehingga dapat terciptanya kemanunggalan TNI dan Rakyat yang sudah baik agar lebih baik lagi.


Dari Kepala Desa Temajuk yakni, Bapak Iwan yang mewakili keluarga Alm. Wak Kopel dan masyarakat Desa Temajuk Menyampaikan," rasa hormat dan banyak terima kasih Kepada Personil Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha yang dalam hal ini Pos Temajuk Atas segala Bantuan tenaganya dalam Jalannya Proses Pemakaman dari awal sampai akhir salah seorang warga kami yang meninggal dunia, sehingga bisa berjalan dengan lancar."Ujarnya.

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.