PENA KHATULISTIWA
Januari 28, 2023, 19:43 WIB
Last Updated 2023-01-28T12:43:26Z

Patroli Gabungan Satgas Pamtas Yon 645/GTY Dengan Balai Karantina Pertanian Entikong

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id(Sanggau) -  Prajurit Pos Komando Taktis (Kotis) Gabma Entikong Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan Patroli Gabungan dengan Instansi Balai Karantina Pertanian Kelas I Entikong di jalur-jalur tikus/Jalur Tidak resmi (JTR) JIPP wilayah entikong, Dusun Peripin, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau,Kalimantan Barat. Jumat, (27/01/2023).


Demikian disampaikan,Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.


Dansatgas mengatakan,"kegiatan patroli gabungan tersebut dilaksanakan oleh 6 (enam) Orang Personel Pos Kotis Gabma Entikong Satgas Pamtas Yonif 645/Gty yang dipimpin oleh Letda Ctp Tubagus beserta personil Balai Karantina Pertanian Kelas I Entikong, BAIS TNI, SGI Entikong."Ujar Dansatgas.


Diungkapkan Dansatgas,"adapun Patroli gabungan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi pencegahan lalu lintas komoditas pertanian illegal di wilayah perbatasan. dengan kegiatan Patroli Gabungan ini Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dengan Balai Karantina Pertanian memberikan hal Positif untuk pengamanan perbatasan dan meminimalisir kegiatan illegal diperbatasan, barang-barang yang masuk illegal, Hewan dan Tumbuhan Illegal dan terkena penyakit atau hama."Imbuhnya.


Selanjutnya,"Patroli Gabungan tersebut dilakukan dengan menyusuri jalur-jalur tikus rute jalan inspeksi patroli perbatasan (JIPP) Dusun Peripin Kecamatan Entikong, Meskipun Saat patroli tidak ditemukan adanya pemasukan atau pengeluaran produk pertanian secara illegal dan MP HPHK/OPTK melalui jalur tikus di dusun peripin kecamatan entikong tersebut akan tetapi giat patroli gabungan ini akan terus dilakukan secara rutin sebagai upaya pencegahan pemasukan produk-produk pertanian maupun hewan asal Malaysia secara illegal. 

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/ Gty).


Reporter: Fernando M.