PENA KHATULISTIWA
Desember 19, 2022, 13:34 WIB
Last Updated 2022-12-19T06:34:35Z
Sosial

Wujud Kepedulian, Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Karya Bakti Pengecetan Pagar Gereja HKBP di Perbatasan

Advertisement

 

Seorang prajurit TNI tengah membersihkan pagar gereja 

Penakhatulistiwa.id (Sanggau) - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan di wilayah penugasan sector barat Kalimantan barat yang berbatasan langsung Indonesia dengan serawak malaysia, Personel Pos Koki Balaikarangan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha

melaksanakan kegiatan karya bakti pengecatan pagar Gereja HKBP Balai karangan, yang berlokasi di Desa Balaikarangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.


Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Senin, 19 Desember 2022.


Dansatgas mengatakan,"Selain Tugas Pokok Satgas Pamtas menurut Undang-Undang Nomor. 34 Tahun 2004 tentang TNI Mengamankan Wilayah Perbatasan, Menjaga Patok Atau Pilar Batas Negara Serta Mencegah Masuknya Barang-Barang Illegal Khususnya Narkotika, Satgas Pamtas juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial kepada warga perbatasan yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan No. 13 Tahun 2014 tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan serta sesuai dengan arahan Bapak Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang tertuang dalam Perintah Harian KASAD poin 5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”ujar Dansatgas.


Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY sector barat Kalbar melakukan kegiatan karya bakti pengecatan pagar Gereja HKBP Balaikarangan Kecamatan Sekayam. Sebanyak 8 (delapan) anggota yang dipimpin langsung oleh Dan SSK IV Koki Balaikarangan Lettu Inf Haris Verbiyan, ST (Han) bergotong-royong mengecat pagar gereja tersebut, yang sebelumnya terlihat rusak terkelupas cat pada pagar tersebut. Anggota Satgas Pamtas dari jajaran Pos Koki Balaikarangan tersebut bahu membahu mempercantik pagar gereja HKBP Balaikarangan Sekayam tersebut." Imbuhnya.


Dikatakannya,"karya bakti ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial (BINTER) Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Kepada masyarakat atau warga diperbatasan dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara prajurit TNI dengan komponen masyarakat wilayah perbatasan sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat terbina dengan baik."Ungkap Dansatgas.


Pendeta gereja HKBP Balaikarangan Sekayam mengatakan,"bahwa perhatian Pos Koki Balaikarangan Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha terhadap kehidupan umat beragama di daerah perbatasan benar-benar di rasakan dan sangat menyentuh hati umat kristiani di desa binaannya, kali ini Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha memberikan bantuan dan melaksanakan karya bakti pengecatan Pagar gereja HKBP Balaikarangan ini. ucapnya

(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty).


Reporter: Fernando M.