PENA KHATULISTIWA
Desember 12, 2022, 10:48 WIB
Last Updated 2022-12-12T03:48:03Z

Herlina Yanti Sasar Desa-Desa Untuk Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Advertisement

 

(Foto:ist)

Penakhatulistiwa.id (Penajam) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Herliana Yanti menggelar kegiatan sosialisasi wawasan Kebangsaan bagi Kaum Milenial dan warga masyarakat Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (11/12/2022)

 


Adapun wawasan kebangsaan yang dipaparkan dalam sosialisasi tersebut diantaranya ada empat pilar yaitu, Pancasila, Undang-undang 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.


Herliana Yanti yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Kaltim di Dapil Kabupaten Paser-PPU menerangkan bahwa kegiatan sosial ini sangat penting, karena menurutnya belakang ini pemahaman tentang empat pilar tersebut sudah mulai terkikis.


“Ini perlu, karena kita tahu akhir-akhir ini pemahaman empat pilar ini mulai terkikis, kita lihat di TV bahkan saya sampaikan dewan ndak tahu. Kenapa ini penting karena ini identitas negara, ini perlu diketahui oleh generasi-generasi muda saat ini,” ujar Herliana Yanti.



Bukan hanya pada generasi muda, pengetahuan terkait dengan wawasan kebangsaan perlu dipahami oleh masyarakat khususnya di Kabupaten PPU ini.


“Kita melihat banyaknya isu-isu bisa memecah belah bangsa kita antara umat antara anak bangsa dengan adanya pemahaman ini mudah-mudahan Indonesia gak terjadi apa yang kita lihat, artinya harus ada persatuan,” kata dia.


Sementara itu, pemateri dalam sosialisasi tersebut dihadirkan Perwakilan Dari Kodim 0913 Kabupaten PPU,Bapak Jatmiko Yang juga Sebagai Bhabinsa Desa sidorejo.

Dan Bapak Adi Fitriansyah dari PC GP.Ansor Kab.PPU Kedua Narsum sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Herliana Yanti.



“Dasar dari sosialisasi wawasan kebangsaan itu adalah UU Nomor 27 Tahun 2009 dalam pasal 15 yaitu salah satu tugas MPR, DPD dan DPRD berkewajiban untuk mensosialisasikan, membudayakan Pancasila. Maka pada saat ini  Hetliana Yanti sebagai Anggota DPRD mensosialisasikan kegiatan tersebut,”


Dikatakan Bapak Jatmiko, saat ini untuk kembali memberi wawasan kebangsaan kepada masyarakat dan kaum2 milenial adalah tanggung jawab kita bersama,untuk mensosialisasikan empat pilar tersebut diantaranya Pancasila sebagai dasar ideologi negara, UUD 45 sebagai konstitusi negaranya, NKRI sebagai Negara Kesatuan RI, dan bhinneka tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa dan negara.-


PenaKhatulistiwa

Kontributor Kaltim

Penulis : Roni Al Imron