PENA KHATULISTIWA
Desember 16, 2022, 14:25 WIB
Last Updated 2022-12-16T07:26:38Z
Parlemen

Gerindra Desak Pemprov Kalbar Segera Atasi Kerusakan Jalan Rawak

Advertisement

Wakil Ketua DPRD Sekadau, Handi

PENA KHATULISTIWA (SEKADAU) - Ruas jalan provinsi yang menghubungkan kota Sekadau-Rawak saat ini mengalami kerusakan di beberapa titik.


Yang terparah di Dusun Sejirak, Desa Perongkan Kecamatan Sekadau Hulu.


Kerusakan ini menjadi keluhan pengguna jalan. Bahkan hampir setiap hari diunggah ke media sosial.


"Kita sangat prihatin dengan kerusakan tersebut. Apalagi sekarang musim penghujan, sehingga memperparah kerusakan," kata Wakil Ketua DPRD Sekadau, Handi, Jumat (16/12).


Atas kerusakan itu, lanjut Handi, Pemerintah Kabupaten tidak dapat berbuat banyak.


Sebab, ruas jalan tersebut berstatus sebagai jalan provinsi. Sehingga, kewenangan penganggarannya merupakan tanggungjawab pemerintah Provinsi Kalbar.


"Pemerintah Kabupaten bukan membiarkan. Tapi karena status jalan tersebut jalan provinsi, maka pemerintah kabupaten tidak dapat mengalokasikan anggaran untuk jalan tersebut. Bahkan jika dipaksakan untuk dianggarkan, maka dapat berimplikasi hukum dan bukan tidak mungkin menjadi masalah," jelas politisi Gerindra.


Ia berharap seluruh elemen masyarakat tidak saling menyalahkan. Justeru, tambah dia, mencari solusi mengatasi persoalan itu.


"Kita meminta kepada Pemprov Kalbar supaya mengucurkan anggaran darurat untuk mengatasi kerusakan jalan yang menghubungkan tiga kecamatan tersebut," sambung Handi.


Salah satu titik kerusakan jalan Rawak tepatnya di Dusun Sejirak (ist)

Apalagi, menjelang hari raya Natal dan pergantian tahun, arus lalu lintas semakin padat.


"Kita juga minta kesediaan dari investor yang ada disana, beberapa perusahaan sawit itu supaya saling membantu juga mengatasi masalah ini," pungkas Handi *


Red