PENA KHATULISTIWA
November 24, 2022, 20:20 WIB
Last Updated 2022-11-24T13:20:14Z
Berita

HAMIDA BORNEO Terbentuk Dan Segera Dilantik, Ini Profil Abah Ahmad Sang Ketua Umum

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Sanggau) - Selasa ( 22/11/2022 ) bertempat di Padung Pangeran, Balai Karangan II, Kecamatan Sekayam, Sanggau, sekira pukul 19.30 - 22.00 wib telah dilaksanakan rapat pembentukan dan penyusunan HAMIDA BORNEO. 


Hamida adalah singkatan dari Himpunan Alumni Miftahul Huda. Miftahul Huda sendiri adalah sebuah pesantren besar Dan sangat legendaris dimana salah satu pimpinanya menjabat sebagai wakil gubernur jawa barat yaitu KH. Uu' Ruhzanul Ulum atau yang akrab dipanggil Kang Uu'.


Ditanah pasundan khususnya wilayah priangan pesantren ini sangat terkenal Karena jumlah santri dan alumninya yang sangat banyak dan mendominasi hampir di semua lini kehidupan, bahkan sekarang jumlah cabangnya sudah ribuan di seluruh Indonesia. 


Pesantren yang didirikan oleh Ulama Kharismatik KH. KHOER AFFANDI ini sekarang juga punya cabang di tanah Borneo tepatnya di Balai Karangan Sekayam, yaitu Pondok Pesantren Miftahul Hidayah yang dipimpin dan diasuh oleh KH. Ahmad Mafrudin atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Ahmad.


Usut punya usut ternyata Abah Ahmad ini adalah guru langsung dari Abah Tohidin Ketua PCNU Sekadau,yang juga digadang-gadang sebagai salah satu kandidat wakil Bupati Sekadau dimasa datang. 


Dihubungi lewat saluran telepon Abah Tohidin menceritakan bahwa Abah Ahmad adalah seorang Ulama Kharismatik yang ahli riadhoh dan sangat dihormati baik oleh murid, jamaah maupun masyarakat. 


"Beliau itu ahli riadhoh, sangat kharismatik dan tokoh penting di wilayah perbatasan negara, khususnya wilayah Sekayam Raya," demikian Abah Tohidin menceritakan. 


Ketua PCNU Sekadau yang juga dikenal di seantero Kalbar karena hobinya melanglang buana itu juga menerangkan bahwa Abah Ahmad bukan hanya Kiyai yang mumpuni dalam bidang agama tapi juga ahli bisnis, ahli ekonomi, bahkan menjadi direktur dan pengawas BMT Sidogiri Sanggau, lembaga keuangan yang terkenal dan banyak membantu Umat. 


"Guru saya ini memang luar biasa, beliau alumni pesantren salafiyah tapi multi talent, jago ngaji kitab, soal organisasi dan pergerakan juga menguasai bahkan didunia bisnis beliau sangat dikenal dan dikagumi oleh para pengusaha,beliau ini bahkan direktur BMT Sidogiri dan salah satu muridnya menjadi pengusaha terkenal yang menguasai dunia konveksi di Sekadau yaitu Jasa Tailor,"demikian tohidin yang juga pernah jadi Komisioner KPU itu menambahkan.


Diketahui sederet nama beken masuk dalam kepengurusan Hamida Borneo dan akan segera dikantik oleh pengurus pusat yang direncanakan di bulan januari 2023.


Hadirnya Hamida dengan Abah Ahmad sebagai Ketua Umumnya juga diharapkan bisa membantu pertahanan negara di wilayah perbatasan ujung negeri, mengingat Abah Ahmad sangat terkenal dalam komintmenya terhadap Pancasila dan NKRI yang selalu beliau gaungkan dimana2 beserta para ulama dan habaib lain dalam setiap pengajian nya.