PENA KHATULISTIWA
November 01, 2022, 18:14 WIB
Last Updated 2022-11-01T11:14:03Z
Berita

Diresmikan Oleh Wapres, BLKK Fajar Belitang Umumkan Seleksi Peserta Pelatihan

Advertisement

Prof Dr KH Maruf Amin Wakil Presiden RI saat peresmian BLKK se-Indonesia 

 Penakhatulistiwa.id (Sekadau)- Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Fajar  Belitang yang terletak di Desa Belitang Satu Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, mengumumkan rekruitment dan seleksi peserta pelatihan. 


Tohidin, Kepala BLKK Pontren Fajar Belitang sekaligus pimpinan Pesantren menyampaikan bahwa BLK Komunitas yang ada di pesantren-nya ini adalah satu-satunya yang sudah ada di Kabupaten Sekadau dan telah siap beroperasi serta telah diresmikan oleh Wapres RI KH. Ma'ruf Amin bersama dengan 780 BLKK lain se-Indonesia di Pesantren Lirboyo Kediri Jatim. 


Lembaga pelatihan kerja ini merupakan bantuan hibah dari Kemnaker RI,  yang diterima pada tahun anggaran 2021.


"Bangunan sudah siap, fasilitas sudah lengkap, peralatan sudah standby semua, instruktur dan tenaga pelatihan sudah dilatih selama 57 hari di Bekasi, selanjutnya kita akan melaksanakan program pelatihan sesuai jadwal yang di tetapkan oleh BPPVP SERANG Banten sebagai BLK UPT Pembina," demikian Abah Tohidin panggilan akrab tokoh muda enerjik tersebut menyampaikan kepada jurnalis Penakhatulistiwa.id saat diwawancarai melalui sambungan telepon. 


Tohidin, juga menjelaskan selanjutnya kepada masyarakat dipersilahkan mendaftarkan diri kepada petugas rekruitmen yang sudah di tunjuk untuk selanjutnya akan dilaksanakan seleksi sesuai petunjuk teknis dari Kemnaker RI. 


"Kita buka pendaftaran peserta seluas-luasnya baik untuk santri, ustadz, pengurus pondok, maupun masyarakat luas untuk menjadi peserta, namun peserta yang mengikuti pelatihan akan kita seleksi sesuai juknis yang ada sebanyak 16 orang perpaket pelatihanya,"demikian Tohidin menambahkan. 


Mengenai waktu penyelengaraan, Abah Tohidin, menyampaikan bahwa untuk tahun ini akan dilaksanakan satu paket pelatihan di bulan november, dan bagi yang belum lolos seleksi di pelatihan pertama akan direkrut untuk pelatihan tahap berikutnya. 


Diketahui dari lokasi BLKK Pontren Fajar Belitang semua fasilitas sudah siap baik ruang teori, ruang praktek, ruang admint, ruang instruktur, ruang MCK, asrama untuk yang menginap, maupun sarana P3K sudah siap dengan kondisi mewah dan sangat memadai. 


"BLK kita ini kejuruanya Multimedia dan bagi peserta juga disiapkan fasilitas lengkap, konsumsi dan akomodasi gratis selama pelatihan, seragam peserta gratis, tempat nginap gratis, P3K stanby, ruang yang sangat memadai bersih rapi, air tersedia, listrik full, ada Wi-Fi, ada TV, ada perangkat komputer lengkap dengan meja kursi, ada kamera, ada infocus, printer, scaner, lemari kabinet, dan lain-lain,  serta yang terpenting peserta yang lulus akan diberikan sertifikat resmi yang bisa digunakan untuk melamar kerja baik di kantor pemerintah, swasta bahkan akan disiapkan tenaga ahli yang mampu buka usaha sendiri," Tutup Tohidin panjang lebar


(IS)