PENA KHATULISTIWA
Oktober 19, 2022, 07:19 WIB
Last Updated 2022-10-19T00:19:19Z
Pemkot Singkawang

Pasar Beringin Singkawang Sudah Mulai Di Revitalisasi

Advertisement

 

Walikota Singkawang saat meletakkan batu pertama pembangunan 

Penakhatulistiwa.id(Singkawang)- Revitalisasi Pasar Beringin Singkawang telah dimulai. Hal itu dibuktikan dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Wali Kota Singkawang bersama Komisaris PT. Rezeki Timur Laut Sarkawi Lim di Pasar Beringin, Rabu 17 Juli 2022.


Dalam kegiatan tersebut,turut hadir, Ketua DPRD Kota Singkawang, Ketua Komisi II DPRD Kota Singkawang, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Singkawang, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Singkawang dan pihak PT. Rezeki Timur Laut dan para Ketua Pedagang Pasar Beringin.


Kemudian,adapun Pergerjaan revitalisasi ini ditargetkan akan berlangsung selama 2 (dua) tahun lamanya. Tahap pembangunan akan dimulai pada 17 Oktober 2022 mendatang yang bertepatan dengan peringatan Hari Pembentukan Pemerintah Kota Singkawang.


Menurut Tjhai Chui Mie Selaku Wali kota Singkawang,"Rencananya 17 Oktober 2022 akan dilakukan pemancangan tiang. Pertama, kita mulai proses relokasi para pedagang ke pasar sementara. Kemudian, pembersihan dan pembongkaran. Sesuai timeline, pengerjaan paling lama 2 (dua) tahun harus sudah selesai dan tahun 2024 mendatang sudah diresmikan."


“Tjhai Chui mie berharap yakni terbesar kita, pendapat dari para pedagang mengalami peningkatan dan otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Selain itu, saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama mensukseskan rencana pembangunan revitalisasi Pasar Beringin."Harapnya.


Selanjutnya,Tjhai Chui Mie kembali menginformasikan"setiap pedagang Pasar Beringin yang nantinya akan menempati lokasi pasar yang telah direvitalisasi akan diberikan subsidi selama 1 (satu) tahun.

Dan pada tahun berikutnya, para pedagang baru dikenakan pembayaran sesuai dengan harga yang ditetapkan berdasarkan tata letak kios atau los yang dipilih."Ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Komisaris PT. Rezeki Timur Laut Sarkawi Lim membeberkan informasi pihaknya akan membangun kantor sementara di Kota Singkawang. Kedepannya, pihaknya pun akan turut melakukan pemantauan terhadap perkembangan bangunan Pasar Beringin usai direvitalisasi.


Masih di tempat yang sama,"Kita akan bangun kantor sementara di Kota Singkawang untuk pengelolaan Pasar Beringin, pengurusan administrasi dan registrasi para pedagang yang akan menempati Pasar Beringin itu. Jadi, pasar ini akan dikelola jadi pasar yang bersih, modern, tertata rapi dan sehat sehingga limbah dan sampah bisa dikelola dengan baik,”Paparnya.


Sehingga dari itu,Investor revitalisasi Pasar Beringin ini mengaku optimis pengerjaan revitalisasi rampung dalam kurun waktu 2 (dua) tahun mendatang. “Insyaallah, mudah-mudahan dapat selesai sesuai dengan target yang diharapkan,”Tutupnya.



Reporter: Fernando M.