PENA KHATULISTIWA
Oktober 28, 2022, 09:17 WIB
Last Updated 2022-10-28T02:17:05Z
BPBD Sekadau

BPBD Sekadau Terus Lakukan Patroli Titik Rawan Banjir

Advertisement

Foto: Istimewa Ir H Ahmad Suryadi kepala BPBD kabupaten Sekadau (beground petugas patroli)

Penakhatulistiwa.id (Sekadau)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, melakukan patroli di sejumlah titik rawan banjir daerah itu.


Kepala Pelaksana  BPBD Sekadau, Ir H Ahmad Suryadi,  mengatakan patroli tersebut dilakukan guna memantau ketinggian air ketika turun hujan dengan intensitas lebat di sejumlah kawasan rawan banjir.


"Selama kurun waktu sepekan ini terjadi hujan dengan intensitas yang lebat sehingga kami melakukan patroli rutin di daerah rawan banjir," katanya.


Menurut dia, patroli tersebut difokuskan di sejumlah kawasan rawan banjir seperti pemukiman dibantaran sungai Kapuas dan sungai Sekadau 


Ia menjelaskan, hujan meski dengan intensitas lebat yang melanda daerah itu dalam beberapa hari terakhir belum  menimbulkan ketinggian air yang signifikan 


Ahmad Suryadi memastikan, kondisi air saat ini masih bertahan,   namun ia tetap menghimbau agar masyarakat tetap waspada karena cuaca dipenghulu sungai masih sering terjadi hujan lebat


"Kondisi air saat ini masih bertahan namun kita minta masyarakat tetap waspada karena dipenghulu seperti Sintang Kapuas Hulu masih sering terjadi hujan lebat," ujarnya.


Ia menambahkan, pada prinsipnya BPBD Sekadau telah menyiapkan personel dan sarana prasarana guna melakukan evakuasi jika terjadi musibah banjir susulan.


Ia juga mengimbau, warga yang tinggal dan berada di kawasan rawan banjir untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan di tengah kondisi anomali cuaca sekarang ini.


"Kami mengimbau warga untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan pada prinsipnya BPDB Sekadau selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi banjir susulan," katanya.


(Iwan)