PENA KHATULISTIWA
Oktober 26, 2022, 21:22 WIB
Last Updated 2022-10-26T14:22:28Z

Antisipasi Perkembangan Situasi, Kodam XII/Tpr Ikuti Apel Gelar Kesiapsiagaan TNI AD TA 2022.

Advertisement

 

  


Penakhatulistiwa.id.(KubuRaya)- Guna mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang terjadi, Kodam XII/Tanjungpura mengikuti Apel Gelar Kesiapsiagaan TNI Angkatan Darat TA 2022. Apel dilaksanakan secara virtual di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr.

Rabu 26 Oktober 22.


Apel dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurchman dari Mabesad, Jakarta. Apel gelar kali ini juga diikuti seluruh Kotama jajaran TNI Angkatan Darat di seluruh Indonesia. Untuk di Kodam XII/Tpr apel dihadiri Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., Kasdam XII/Tpr serta para pejabat utama Kodam.


Kasad dalam amanatnya." mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI AD yang selama ini telah membantu pemerintah dalam berbagai program. Seperti penurunan stunting, ketahanan pangan, manunggal air dan lain sebagainya. 


"Ini sudah sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo yang menyampaikan bahwa bantu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ucap Kasad.


Kasad juga menyampaikan penghargaan setinggi tinginya kepada seluruh prajurit, karena merekalah yang berbuat langsung di lapangan. Yang dengan tanpa pamrih dan tulus ikhlas membantu masyarakat apapun kesulitannya. 


Selanjutnya Kasad menekankan kepada seluruh prajurit agar tetap waspada terhadap setiap kemungkinan ancaman yang terjadi. Baik dari kelompok manapun, prajurit harus tahu dimana mereka, dan harus siap dengan langkah - langkah yang harus  dilakukan. 


"Adakan latihan secara intensif untuk mengatasi kemungkinan - kemungkinan ancaman yang akan timbul. Saya berharap seluruh prajurit siap untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Jangan dianggap aman. Karena kalau kita siap maka kita juga akan siap untuk menegakkan NKRI,"tegasnya.


Oleh karenanya, Jenderal TNI Dudung Abdurachman berpesan kepada seluruh prajurit untuk selalu menjaga moril, menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi yang prima. Karena menurutnya TNI AD merupakan benteng terakhir yang harus tampil dalam menegakkan kedaulatan NKRI. 


"Dan yang terakhir, tingkatkan soliditas dengan kepolisian. Karena mereka adalah saudara kembar kita, bantu apa yang kira - kira dapat kita bantu, karena hal tersebut sudah menjadi tugas pokok kita dalam membantu kepolisian serta pemerintah daerah," pesannya.


Sedangkan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat memberikan keterangan mengatakan, apel kali ini diikuti seluruh jajaran TNI AD mulai dari Aceh sampai Papua termasuk Kodam XII/Tpr melaksanakan apel gelar kesiapsiagaan pasukan. 


"Tujuannya  mengecek sejauhmana kesiapan setiap Kodam dalam menghadapi berbagai perkembangan situasi kontinjensi. Kodam XII/Tpr baik di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah siap menghadapi berbagai situasi kontinjensi yang terjadi," kata Pangdam.


Selain itu lanjut Pangdam, apel ini juga dimanfaatkan oleh Kodam XII/Tpr untuk mengecek pasukan dalam rangka untuk membantu  penanggulangan bencana. Seperti diketahui saat ini di Kalbar dan Kalteng  curah hujan cukup tinggi rawan akan terjadi bencana banjir. 


Pangdam mengatakan, Kodam XII/Tpr siap melaksanakan seluruh penekanan Kasad, seperti membantu pemerintah baik pusat maupun daerah dalam program ketahanan pangan dan stunting serta terus menjaga soliditas dengan kepolisian.


"Pada prinsipnya Kodam XII/Tpr siap menghadapi, siap membantu pemerintah daerah dan siap menerima tugas - tugas apa saja, kapanpun juga dan dimana saja dalam melaksanakan tugas - tugas dari komando atas," kata Mayjen TNI Sulaiman Agusto.(Pendam XII/Tpr)


Reporter: Fernando M.