PENA KHATULISTIWA
Agustus 26, 2022, 11:16 WIB
Last Updated 2022-08-26T04:16:43Z
Kriminal

Tok! Sambo Resmi Dipecat, Tapi Ajukan Banding?

Advertisement

 

Ferdy Sambo saat mengikuti sidang etik polri

Penakhatulistiwa.id (Jakarta) 

Tersangka pembunuhan Brigadir Josua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo, telah secara resmi dipecat atau diberhentikan dari keanggotaannya di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pemecatan ini dilakukan dalam Sidang Kode Etik Polri, yang berlangsung selama 18 jam, pada Kamis (25/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022) dini hari. 



Ferdy Sambo dinilai telah melakukan sejumlah pelanggaran kode etik terkait penembakan terhadap Brigadir J. Ia juga dianggap melakukan rekayasa hingga menghalang-halangi penyidikan kasus itu. 


Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri mengatakan, Sambo diberikan sanksi bersifat etika yakni pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) karena Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menyatakan bahwa tersangka telah melakukan perbuatan tercela.


"Sanksi bersifat etika, yaitu perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela. Pemberhentian tidak dengan hormat, sebagai anggota Polri,” kata Ahmad Dofiri yang menjadi ketua sidang kode etik itu, dikutip dari Kanal Youtube Polri TV.


Usai dinyatakan dipecat secara tidak hormat itu, Sambo menyampaikan permohonan maaf dan mengakui kesalahannya kepada para senior dan rekan-rekannya di Inspektorat Khusus (Itsus) Polri.



“Saya meminta maaf kepada senior dan rekan-rekan semua yang secara langsung merasakan akibatnya, saya mohon permintaan maaf saya diterima, dan saya menyatakan siap untuk menjalankan setiap konsekuensi sesuai hukum yang berlaku,” ungkap Sambo.



Sambo juga mengaku akan siap menerima tanggung jawab dan menanggung seluruh akibat hukum yang dilimpahkan kepada senior dan rekan-rekannya yang terdampak akibat perbuatan tercela yang telah ia lakukan.


"Semoga kiranya rasa penyesalan dan permohonan maaf ini bisa diterima dengan terbuka dan saya siap menjalankan proses hukum ini dengan baik, sehingga segera mendapatkan keputusan yang membawa rasa keadilan bagi semua pihak,” ungkapnya.



Meskipun Sambo mengakui perbuatan yang dilakukan serta menyesalinya, ia tetap akan mengajukan banding. Hal ini diungkapkan Sambo usai dibacakan putusan bahwa dirinya dipecat dengan tidak hormat dari Polri. 



“Mohon izin Ketua KKEP, bagaimana kami sampaikan dalam proses persidangan, kami mengakui semua perbuatan dan menyesali semua perbuatan yang kami lakukan terhadap institusi Polri. Namun, mohon izin sesuai dengan pasal 69 Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 izinkan kami untuk mengajukan banding,” katanya.



Diketahui, dalam kasus penembakan atau pembunuhan Brigadir J ini, terdapat total lima tersangka yakni Ferdy Sambo beserta istrinya yakni Putri Candrawathi, Richard Eliezer (Baradha E), Ricky Rizal (Bripka RR), dan asisten rumah tangga Sambo bernama Kuat Ma’ruf. 



Kelima tersangka itu dijerat pasal pembunuhan berencana, yakni Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 UU KUHP. Sambo merupakan dalang atau orang yang memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J. Sementara Bripka RR, Kuat, dan Putri juga turut membantu dalam kejadian pembunuhan Brigadir J.


Youtube Polri TV


(iwan)