PENA KHATULISTIWA
Agustus 15, 2022, 08:15 WIB
Last Updated 2022-08-15T01:15:18Z

Tanamkan Nilai Kebanggaan Pada Negara Bhabin Di Sekadau Cat Rumah Warga Warna Bendera

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Sekadau) - Seorang anggota Polri yang berdinas di Mapolsek Sekadau bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Gonis Tekam dan Desa Tapang Semadak Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Mengecat Rumah Warga Dengan Warna Merah dan Putih. 


Menurut laporanya kepada Kapolres Sekadau Bripka Alexander Aldo, S.H., M.A.P.  pada hari Minggu tgl 14 Agustus 2022 bertempat di Rt 09 Rw 03 Dusun Tapang Sambas, Desa Tapang Semadak, Ia menuturkan hal tersebut merupakan trobosan Kreatif dan Inovasi tahunan Bhabinkamtibmas di dua Desa tersebut


Polisi berpangkat Bripka itu juga menerangkan Tujuan dari mengecat rumah warga yang juga mengalami Buta (tunanetra) dan tidak mampu degan warna bendera merah putih ialah untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke- 77 tahun 2022 dan serta menanamkan/menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme. 


Kegiatan ini untuk pertama kalinya dilakukan di Kampung Batu Arang Dusun Tapang Sambas oleh Polri dan warga, serta kegiatan ini juga utk menjalin kemitraan antara Polri dgn warga. Dlm kegiatan pengecatan rumah warga ini Bhabin juga libatkan perangkat Dusun Tapang Sambas (Kadus, Ketua Rw dan Ketua Rt), ibu WKRI stasi Tapang Sambas serta warga Dusun Tapang Sambas yang ikut berpartisipasi.


Anggaran untuk kegiatan ini juga bersumber dari bantuan para donatur yang peduli degan kegiatan sosial di lingkungan warga dalam rangka Hut RI ke- 77 thn 2022 di Desa Tapang Semadak


Pemilik Rumah yang di Cat warna Bendera Merah Putih tersebut adalah Bapak Mensuni (38) alami buta atau tunanetra alamat Kampung Batu Arang Rt 09 Rw 03 Dusun Tapang Sambas Desa Tapang Semadak Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau,


Mensuni tinggal di rumah yang cukup sederhana terbuat dari bahan papan dan tinggal seorang diri, orang tuanya baik bapak dan ibu sudah tiada, 


Mensuni merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara, saudara-nya sudah menikah semua dan tinggal bersama keluarga masing-masing. Sehari-hari Mensuni berkebun sayur dan menoreh pohon karet walaupun dalam kondisi buta.


Hadir dlm pelaksanaan kegiatan ini ;

Bhabinkamtibmas Desa Tapang Semadak, BRIPKA Alexander Aldo, S.H., M.A.P. Kadus Tapang Sambas, Masdi Abdilah. Ketua Rt 09 Dusun Tapang Sambas, Simon. Tokoh Masyarakat Rt 09 Dusun Tapang Sambas, Philipus.

Perwakilan Ibu Wkri ranting Stasi Tapang Sambas, Yusta Akhir.

Dan beberapa warga Rt 09 Dusun Tapang Sambas.


Sebagai informasi Terobosan Kreatif/Inovasi tahunan Bhabinkamtibmas Desa Gonis Tekam dan Desa Tapang Semadak mengecat rumah warga dengan warna bendera merah putih dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI telah dilaksanakan setiap tahun, dimulai sejak tahun 2019 di Kampung Tapang Temunik Dusun Sengkabang Melayang Desa Gonis Tekam dan di Kampung Batu Bedan Dusun Tapang Sambas Desa. Tapang Semadak. Tahun 2020 di Dusun Gonis Butun Desa. Gonis Tekam dan di Kampung Simpang Tiga Dusun Perupuk Mentah Desa Tapang Semadak. Tahun 2021 di Dusun Segori Desa Gonis Tekam. Tahun 2022 pada hari Rabu tanggal 10 Agustus juga sudah dilaksanakan di Dusun Gonis Tekam Desa Gonis Tekam. Sedangkan pada tahun 2018 Bhabin membagikan bendera merah putih kepada warga di pedalaman Desa Tapang Semadak tepatnya di Kampung Batu Bedan Dusun Tapang Sambas Desa. Tapang Semadak, di Kampung Keranjik Spasa Dusun Janang Sebatu Desa Tapang Semadak, dan di Kampung Tapang Temunik Dusun Sengkabang Melayang Desa. Gonis Tekam.


Sumber: Bripka Alexander Aldo

Editor: Iwan S