PENA KHATULISTIWA
Agustus 25, 2022, 07:03 WIB
Last Updated 2022-08-25T00:03:18Z

Kunjungan Kerja Tim Pusterad Pada Kegiatan Asnis Gar Binter Satgas Pamtas Yonif 645/Gty

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Sanggau)  - Satgas Pamtas RI-Malaysia Sektor Barat Kalimantan Barat Yonif 645/GTY mendapat kunjungan Kerja dari Tim (Asistensi Teknis) Asnis Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) dengan Ketua Tim (Katim) Letkol Inf Andi Tirtayansyah, S.I.P beserta 2 (dua) orang Anggota untuk memberikan Asistensi Teknis kepada Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY yang sedang melaksanakan tugas di wilayah Kalbar. Rabu, 24 Agustus 2022.


Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan langsung di Makotis Gabma Entikong, Kecamatan Entikong,Kabupaten Sanggau.


Dansatgas Mengungkapkan" Kunjungan kerja kali ini dari Tim Asnis Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) diantaranya, Letkol Inf Andi Tirtayansyah, S.I.P, Mayor Arm Samsuri, Pelda Acok Doni. Ujar Dansatgas


Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty yang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-MLY sektor barat KALBAR ini dibawah Kolakops Korem 121/ABW yang memiliki tugas pokok dan tanggung jawab sebagaimana dalam Pasal 7 UU No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, serta diperjelas lagi oleh Permenhan Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan dalam Pasal 2 Pengamanan wilayah perbatasan meliputi, menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah, mencegah pelanggaran wilayah perbatasan, mencegah penyelundupan dan pencurian sumber daya alam dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di perbatasan dengan dipertegas lagi pada Pasal 6 poin b yaitu pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah perbatasan darat. Terang Dansatgas."


Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja dari Pusterad untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Teritorial dan juga untuk mengetahui hasilnya yang dilakukan oleh Satgas selama melaksanakan penugasan diperbatasan ini, serta memberikan evaluasi menyeluruh kepada Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty yang berada di wilayah Kolakops Korem 121/Abw. Ujarnya."


Selanjutnya Sambutan dari Ketua Tim Asnis Pusterad Letkol Inf Andi Tirtayansyah, S.I.P, kegiatan yang akan dilaksanakan diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan rencana dan diharapkan ilmu teritorial dapat di terapkan bagi TNI, salah satu ilmu teritorial yang harus di miliki yaitu 3 Metode Binter diantaranya Komsos, Bhakti TNI, Pertahanan Wilayah. Kemudian Tim Asnis Pusterad Mayor Arm Samsuri memberikan persoalan/Cheklist Respondent (Ba/Ta) Asnis Gar Binter kepada Personil Pos Kotis Gabma Entikong Satgas Pamtas Yonif 645/Gty. 


Adapun kegiatan Tim Asnis Pusterad di Pos Kotis Gabma Entikong selain menerima paparan tentang laporan evaluasi operasi pelaksanaan Binter di perbatasan oleh Dansatgas Pamtas juga, Rombongan Tim Pusterad meninjau kegiatan pembelajaran di SMK 1 Entikong yang di berikan oleh Personil Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, Rombongan Tim Pusterad meninjau kegiatan Pembangunan Ruangan Belajar Madrasyah Islam Sanawiyah (MIS) Al-Wardah Balai Karangan Kec. Sekayam Kab. Sanggau, 


Rombongan Tim Pusterad meninjau Penanaman Jagung di Jln Usaha Tani Dusun. Rintau Desa. Bungkang Kec. Sekayam Kab. Sanggau yang dilakukan oleh Personel Pos Bantan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, Rombongan Tim Pusterad meninjau Pos Koki Balai karangan SSK 4 Satgas Pamtas Ri-Malaysia Yonif 645/Gty. Dilanjutkan pengecekan pos-pos. 


Sementara itu Dansatgas mengatakan, selain menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan RI-MLY kami akan selalu berbuat yang terbaik agar bermanfaat baik dalam Binter maupun Baksos dalam membantu kesulitan warga di wilayah perbatasan sesuai dengan arahan bapak Kasad dalam Perintah Harian Kasad,"Tutup Dansatgas


(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/GTY)

Reporter:Fernando M