PENA KHATULISTIWA
Agustus 24, 2022, 03:09 WIB
Last Updated 2022-08-23T20:09:15Z

Indonesia Ekspor Sebanyak 25,82 Ton Arang Ke Malaysia

Advertisement

 




Penakhatulistiwa.id (Sanggau) - Inilah salah satu jenis Arang dengan komoditas exspor yang sangat diminati bagi pengusaha dan masyarakat tetangga terutama Malaysia, dan yang juga merupakan salah satu komoditas pertanian yang saat ini mengalami kenaikkan dalam jumlah ekspor.


 Banyaknya manfaat dan kegunaan yang bisa diambil dari Arang tersebut, membuat permintaan akan ekspor Arang terus meningkat dari waktu ke waktu. 


Namun sebelumnya arang yang diekspor sebanyak 15,65 ton, salah satu pengusaha ekspor arang lainnya yaitu PT. IRFAN RINJANI UTAMA (IRUT) mengekspor arang sebanyak 25,82 ton yang dikemas ke dalam 1.033 bags ke Negara tujuan yaitu Malaysia.Senin 22 Agustus 2022.


Sebelum dibebaskan, Pejabat Karantina Pertanian Entikong yakni Swiet Sinay, Pemeriksa Karantina Tumbuhan Mahir bersinergi dengan pihak Bea Cukai telah melakukan serangkaian pemeriksaan karantina untuk memastikan bahwa arang yang akan diekspor memiliki kualitas yang baik. Pemeriksaan diperlukan untuk memastikan bahwa komoditas yang dikirim sesuai dengan permohonan yang diajukan dan sesuai dokumen yang menyertai.


"Karantina Pertanian Entikong akan terus mendorong dan melakukan pendampingan langsung kepada para pelaku usaha untuk meningkatkan ekspor serta memastikan seluruh komoditas pertanian yang diekspor dalam kualitas yang terbaik," Ujar Kepala Karantina Pertanian Entikong, Yongki Wahyu Setiawan.



Reporter:Fernando M.