PENA KHATULISTIWA
Agustus 30, 2022, 19:09 WIB
Last Updated 2022-08-30T12:09:12Z
Papua

Elpony Gadis Pedalaman Papua Satu Diantara Pelopor Pendidikan Di Papua

Advertisement

 

Guru saat mengantarkan Elpony dkk untuk berangkat ke kota sorong untuk melanjutkan pendidikan

Penakhatulistiwa.id (Tambraw) - Namanya Elasia Elponi Yekwam, Gadis asli pedalaman pegunungan Kabupaten Tambrauw berada di distrik yembun kabupaten Tambrauw Papua Barat. 


Daerah ini memang berada di pedalaman masih dalam, Kategori daerah sangat tertinggal, meski demikian di kampung ini terdapat fasilitas pendidikan yang cukup lengkap dari Paud hingga SMK.


Kendati lengkap secara jenjang,  namun kondisi fasilitasnya masih sangat minim, khas daerah pedalaman. 


Vony namanua yang akrab di panggil, gadis ini lulusan SMKN 1 Yembun Tambrauw. Kepala sekolahnya seorang guru senior dari Ayamaru, beliau sangat memperhatikan kesuksesan siswa siswinya. 


Vony merupakan lulusan ke 6 . Di angkatannya hanya dia yang melanjutkan kuliah, banyak sekali kendala yang dihadapi oleh anak-anak pedalaman jika mau lanjutkan studi,


Dari kondisi lingkungan, transoprtasi, ekonomi, keluarga , akses informasi dan lain sebagainya, Hal tersebutlah yang menjadikan hambatan anak-anak pedalaman terhambat melanjutkan kuliah. 


Vony merupakan anak ke 3 dari 9 bersaudara. Ayahnya sudah meninggal dua tahun lalu. Ayahnya orang baik, seorang Majelis Gereja dan bercita - cita menyekolahkan anaknya hingga tinggi agar kelak bisa membangun tanah Tambrauw. 


Oleh karena itu, pihak sekolah melalui guru-gurunya berupaya mencarikan beasiswa dan pendampingan untuk mereka, Akhirnya dapat sekolah yang bisa memberikan beasiswa dan biaya hidup. 


Politeknik pertanian Manokuari sekolah di bawah binaan kementrian pertanian. Elponi lolos dari beberapa siswa yang mendaftar. 


Sekolah ini sangat cocok untuk anak-anak pedalaman karena ber-Asrama. Jadi mahasiswa tidak kesulitan lagi tentang ekonomi dan lain - lain


Pihak Sekolah berharap Elponi, bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi generasi muda Tambrauw, Bahwa pendidikan dapat merubah masayarakat dan daerah menjadi semakin maju.


Jurnalis Warga Tambrauw:Efendi

Papua Barat

Editor: Iwan Soleh