PENA KHATULISTIWA
Juli 25, 2022, 07:00 WIB
Last Updated 2022-07-25T00:00:45Z
Siak

Warga Dusun Bukit Lazim Mengeluh, Kebun Sawit Terendam Akibat Parit Tersumbat

Advertisement

 


Penakhatulistiwa.id (Siak) - Malang tak dapat di elak dan untung tak dapat di raih, Puluhan hektar lahan kebun kelapa sawit milik warga Masyarakat bertahun-tahun lamanya harus mengalami kesulitan pertumbuhan akibat dari dampak banjir yang senantiasa mengepung areal perkebunan kelapa sawit yang diduga disebabkan oleh tersumbatnya parit dan membutuhkan perhatian serius oleh pemerintah Kabupaten Siak. 


Hal itu disampaikan oleh salah satu warga tempatan bernama Harisuddin 48 tahun. Terkait masalah terendamnya areal perkebunan kelapa sawit warga di daerah ini. Minggu (24/07/2022)



"Besar kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya parit parit yang sebelumnya dibuat oleh Pemda Siak , yakni parit yang dahulunya dipergunakan untuk antisipasi penanggulangan bencana kebakaran hutan lahan ( Karhutla )",Ujar Harisuddin.


Dan Ia juga mengatakan “Dampak banjir yang terjadi sejauh ini menyebabkan rendahnya hasil panen kelapa sawit milik kami dan khususnya warga yang memiliki kebun di Dusun Bukit Lazim ini , maka dari itu atas nama warga masyarakat ,kami sangat berharap pihak Instansi yang terkait kiranya dapat segera melakukan peninjauan dan mencarikan solusi atau jalan keluarnya" ,Ungkapnya.


Kepala Kampung Kerinci Kanan Waliman Ketika dimintai tanggapannya melalui seluler 24/07/2022, hingga berita ini di terbitkan sama sekali belum memberikan respon.



Kepala Dinas Tarukim Kabupaten Siak Irving Kahar Melalui Kepala Bidang Pengairan ISWANTO menyampaikan tanggapan nya melalui seluler,"Besok saya tengok dulu kegiatan yang bisa dikondisikan kesana". 


(Muryono)