PENA KHATULISTIWA
Maret 16, 2022, 10:31 WIB
Last Updated 2022-03-16T03:31:59Z

Jelang Konferwil FKMNU: Kaharudin dan Tohidin Paling Layak Nahkodai NU Kalbar

Advertisement

 


PENAKHATULISTIWA.ID,(KAL-BAR)- Konferensi Wilayah PWNU Kalimantan Barat yang akan di selenggarakan tahun ini memunculkan berbagai nama untuk di dorong menjadi ketua .


Beredar di kalangan Nahdliyin Kalbar, sedikitnya ada beberapa kandidat yang dijagokan bertarung dalam  perebutan Ketua Tanfidz PWNU Kalbar, yakni Rektor IAIN Pontianak,Dr.Syarif, KH.Ghozali Sintang,H.Sukiryanto,Kiai Kaharudin,Gus Tohidin hingga Politisi Ulung Kalbar Syarif Abdullah Alkadrie .


Menanggapi hal tersebut ketua forum kiai muda Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Mujahidun mengatakan bahwa Kiai Kahar merupakan sosok ideal untuk menahkodai PWNU Kalimantan Barat masa khidmat 2022-2027 nantinya .


"Dari nama yang sudah beredar di kalangan warga Nahdliyyin merupakan kader terbaik NU Kalbar sekarang, tetapi saya rasa Kiai Kahar di dampingi tokoh muda NU Kalbar Gus Tohidin merupakan pasangan ideal untuk menjadi nahkoda PWNU selanjutnya", ungkap Gus asal Melawai tersebut.


"Dari segi pengalaman dan jam terbang di Jam'iyah Nahdlatul ulama Kiai Kahar sangat layak, kita tau beliau saat ini adalah Plt Ketua NU Kalbar pasca Bapak Hildi Hamid menjadi Dubes di Azerbaijan dan Gus Tohidin sendiri dari segi pengkaderan sudah sangat layak di orbitkan untuk mendampingi Kiai Kahar," ucapnya menambahkan.


Senada dengan Ketua FKMNU Kalbar, Ustadz Prisai Suprayogi anggota FKMNU asal Sanggau juga mengatakan Kiai Kahar dan Gus Tohidin merupakan kader terbaik NU Kalbar saat ini dan sudah sangat layak berada berdampingan memimpin PWNU 5 tahun kedepan .


"Kiai Kahar merupakan tokoh senior mantan ketua umum PMII Pontianak sudah tidak diragukan lagi kontribusinya untuk NU di Kalimantan Barat, beliau juga merupakan kader yang panutan yang selalu menginspirasi, sedangkan Gus Tohidin adalah tokoh muda penggerak dalam pengkaderan NU di Kalbar, kami siap mengkampanyekan pasangan ini agar dapat memimpin PWNU Kalbar kedepannya," ujar Ustadz Yogi yang juga sekretaris MWCNU Kembayan,Sanggau. 


Terakhir Gus Mustofa,ulama muda asal Kapuas Hulu juga sepakat bahwa Kiai Kahar dan Gus Tohidin adalah dua kader mempuni yang paling berpotensi dan sangat layak memimpin NU Kalbar kedepan .


"Untuk memimpin NU Kalimantan Barat, diperlukan bukan sekedar pengalaman semata, namun juga track record yang berintegritas,Juga mampu memahami kearifan lokal Kalbar, dan untuk itu Kiai Kahar dan Gus Tohidin adalah pasangan ideal yang tepat," ujarnya kepada media TamBorneo.com .


Diketahui Kiai Kahar merupakan aktifis pergerakan NU asal Sambas sejak masih muda, beliau pernah menduduki jabatan Ketum PMII Pontianak, sekarang Plt PWNU Pengganti Haji Hildi Hamid yang mendapat tugas sebagai Dubes di Azerbaijan sementara Gus Tohidin  adalah Mantan Ketua PC GP Ansor Sekadau,Kasatkorwil Banser Kalbar dan sekarang mengemban amanah menjadi Ketua PCNU Sekadau serta Kordinator pendidikan kader penggerak Nahdlatul Ulama wilayah Kalimantan Barat.


Pasangan antara Kiai Kahar dan Gus Tohidin dirasa layak memimpin PWNU Kalbar baik dari pengalaman maupun track record dan kiprahnya untuk NU Kalbar tidak diragukan lagi .


Keduanya juga diharap bisa menjadi simbol pasangan kaum sepuh dan muda di NU Kalbar yang bisa mengakomodir antara tokoh sepuh dan tokoh muda di kalangan Nahdliyyin di bumi khatulistiwa.


Penulis : Raden Kamandaka