PENA KHATULISTIWA
Februari 17, 2022, 11:58 WIB
Last Updated 2022-02-17T04:58:35Z
Ibu Kota Baru Nusantara

Ketua DPR-RI Puan Maharani Kunjungi Ibu Kota Baru Ini Agendanya

Advertisement

 

Puan Hamarani(kemeja hitam) di dampingi Memdagri Muhammad Tito Karnavian, jendral TNI Andika Prakasa Wabub Kaltim Hadi Mulyadi dan Forkopimda Penajam Paser Utara (foto/istimewa)

PENAKHATULISTIWA.ID(PENAJAM) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani, mengunjungi Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara yang berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), pada Rabu (16/2/2022). 


Dalam kunjungan tersebut, tampak hadir Plt. Bupati PPU Hamdam, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Ketua DPRD PPU John Kenedy serta unsur Forkopimda Kaltim, menyambut rangkaian kunjungan kerja DPR RI tersebut. 


Pada kunjungan Ketua DPR RI, turut hadir Jenderal TNI Andika Perkasa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Ketua Fraksi

PDIP DPR Utut Adianto dan Ketua Banggar DPR Said Abdullah. 


Kunjungan kerja sejumlah pejabat tinggi Negera ini ingin langsung meninjau tiga kawasan IKN, diantaranya titik nol IKN, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) serta bendungan Sepaku Semoi. 


Saat berada di titik nol IKN Nusantara, Ketua DPR RI Puan Maharani didepan awak media menyampaikan, IKN Nusantara ini akan menjadi yang pertama sejak Indonesia merdeka. "IKN baru ini sangat ideal bagi Indonesia dan akan menjadi wajah kemajuan Indonesia dimasa depan, " ungkap Puan. 


Sementara itu, ia juga menjelaskan terkait pemindahan IKN Nusantara ini  bukan semata-mata hanya soal pindah istana negara dan pemerintahan Indonesia, tetapi yang terpenting dari itu adalah pemerataan pembangunan yang bukan lagi Jawa sentris, tapi Indonesia sentris. 


Lebih lanjut, Puan juga mengungkapkan bahwa IKN Nusantara ini akan dibangun terintegrasi bukan hanya di lingkup Pemerintah dan security negara seperti TNl/POLRI, namun juga menyatu dengan masyarakat dan alamnya. 


"IKN Nusantara ini akan menjadi wajah baru Indonesia yang mencerminkan ibu kota negara yang ramah lingkungan, modern, dan memperhatikan kebutuhan masyarakat," tutupnya.


Reporter: Roni Imron