PENA KHATULISTIWA
Februari 16, 2022, 20:21 WIB
Last Updated 2022-02-16T13:21:54Z

Kasat Reskrim Polres Sekadau Lakukan Supervisi Ke Polsek Jajaran Ini Arahannya

Advertisement

 

Kasat Reskrim AKP Anuar Syarifudin meja depan (tengah) foto by Hum Pol Skd

PENAKHATULISTIWA.ID,(SEKADAU)-Sat Reskrim Polres Sekadau melaksanakan supervisi dan asistensi di bidang penyidikan ke wilayah Polsek jajaran, Rabu 16 Februari 2022.


Tim supervisi dipimpin Kasat Reskrim Polres Sekadau AKP Anuar Syarifudin beranggotakan Kaur Bin Opsnal Iptu Kuswiyanto, Kaurmintu Bripka Agus Sutrisno dan Urmin Sat Reskrim Bripda Nanda Pyara.


Beberapa arahan dan atensi yang disampaikan Kasat Reskrim berkaitan dengan proses penyidikan perkara sesuai prosedur dan peraturan untuk menghindari kesalahan dalam penanganannya.


"Kepada pelapor harus dijelaskan bahwa perkara yang telah dilaporkan dan sedang dalam proses penyidikan tidak bisa dicabut. Buatkan surat pernyataan untuk mencegah perkara macet ditengah jalan," kata Kasat Reskrim.


Ia juga mengingatkan, dalam penerimaan laporan hendaknya tetap menjaga tutur kata, jangan sampai muncul kalimat yang menyinggung perasaan. Selain itu, layani pelapor dengan baik.


"Hati-hati dalam bersikap dan bertutur kata, jangan sampai menyinggung perasaan pelapor apalagi korban sehingga menjadi viral dan menimbulkan kesan tidak baik di mata masyarakat," imbaunya.


Disampaikan pula oleh Kasat Reskrim, dalam penanganan perkara harus berkomunikasi dengan wassidik untuk mencegah kesalahan penanganannya. Setiap ada laporan masuk tangani dengan cepat sebagai bentuk pelayanan yang baik.


Berkenaan dengan aplikasi EMP, diingatkan kepada penyidik Polsek untuk selalu mengakses dan upload dokumen bila ada Laporan Polisi. Ini penting untuk mengetahui proses penanganan perkara.


"Selalu berkomunikasi dan menghubungi wasidik apabila menemui kendala atau hambatan. Lakukan gelar perkara setelah menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat," jelasnya.


Sumber: Hum Pol Sekadau/Mulyadi