PENA KHATULISTIWA
Januari 06, 2022, 11:08 WIB
Last Updated 2022-01-06T04:08:02Z

KSAD TNI Dudung Kunjungi PLBN Entikong Ini Agendanya

Advertisement

 


PENAKHATULISTIWA.ID, (SANGGAU)- Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr, Ronny, S.AP.,M.M dampingi kunjungan kerja Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M di daerah perbatasan Indonesia Malaysia Entikong kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, Rabu(5/1/22)


Saat kunjungan ke Entikong Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M didampingi oleh Pangdam XII/ Tanjungpura, Asintel Kasad, Asops Kasad, Kapolda Kalbar serta Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.AP.,M.M


"Menurut Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr.Ronny,S.AP., M.M bahwa kunjungan kerja Kasad ini untuk melihat wilayah perbatasan Indonesia Malaysia khusus di Entikong, dan juga memberikan pengarahan kepada anggota Yonmek 643/Wns sebagai pasukan pengamanan perbatasan," ungkapnya.


"Lebih lanjut kata Danrem disamping memberikan pengarahan kepada anggota, Kasad juga menyempatkan diri untuk mengajar di SDN 12 Entikong serta melihat secara langsung proses belajar mengajar sekolah Dasar yang berada di wilayah perbatasan."


Kasad juga memberikan bantuan kepada SDN 12 Entikong sebagai wujud perhatian terhadap para anak sekolah yang berada di wilayah perbatasan," pungkas Brigjen TNI Ronny.


Saat duduk bersama didalam Hellykopter dengan Kapolda Kalbar, Danrem 121/Abw juga menjelaskan mengenai situasi dan kondisi perbatasan, kebetulan Bpk Kapolda Kalbar baru dilantik kemarin langsung ikut mendampingi kunjungan kerja Kasad di Entikong," imbuhnya.


Penrem121/abw Salam Komando untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.


Sanggau, Salam Komando adalah ciri khas bagi setiap prajurit yang saat ini sering dilakukan saat bertemu, baik kepada atasan maupun bawahan, disamping melaksanakan penghormatan.


Hal ini juga yang dilakukan oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.AP.,M.M saat menyambut kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E.,M.M di Kuburaya, Rabu, 5/1/22


Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr Ronny, S.AP., M.M bersama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE.,M.M melaksanakan salam Komando, hal ini untuk menumbuhkan semangat, dan jiwa korsa,serta penghormatan kepada Kasad," kata Danrem.


Kita ketemu atasan wajib hormat itu sudah merupakan ciri khas TNI, namun untuk meningkatkan jiwa semangat lagi kita laksanakan salam Komando. Salam Komando ini untuk menumbuhkan jiwa korsa, semangat dan untuk meningkatkan kebersamaan serta kekompakan kepada setiap prajurit," jelas Jenderal Bintang satu.


Penrem121/Abw, Ia mengatakan" saya hadir di sini bersama Kapolda dengan pangdam dan asisten dari mabesad dan danrem, intinya saya mengecek secara langsung bagaimana kondisi personil anggota yang melaksanakan pengamanan di perbatasan.

Dari 58 Tim dari satu batalyon ini sekitar kurang lebih 300 meter 1 batalyon melaksanakan pengamanan.

Penekanan saya adalah jangan sampai ada pelolosan-pelolosan apalagi pelolosan itu yang membawa barang-barang yang dilarang, dan kita melakukan patroli harus ketat dan jaga disiplin dan kehormatan TNI angkatan darat didalam melaksanakan tugas, kerjasama yang baik dengan pihak perbatasan termasuk pemerintah daerah, dan saya tekankan agar soliditas TNI polri betul-betul harus terjaga.


Pada hari ini saya sangat bangga kepada anggota, di sini di samping dia melaksanakan menjaga perbatasan ,tetapi petugas ini dia juga dalam rangka membantu program pemerintah yang dicanangkan oleh presiden republik Indonesia.

Jadi ada penanaman Sogum tanaman sogum ini sejenis seperti kaya  gandum ,Jadi buahnya itu bisa dibuat seperti nasi,dan kemudian batangnya ini bisa dibuat seperti tebu dan akhirnya menghasilkan gula, termasuk bisa diproduk menjadi tepung dan makanan.

Ini sudah ditanam 25 hektar sebagai pilot-projectnya didatangkan dari Bandung (Jendral TNI Dudung Abdurachman).


Selanjutnya beliau bersama

rombongan meninggalkan poskotis beranjak menuju SDN 12 Entikong untuk memberi kan pemahaman tentang Pancasila kepada murid yang ada disekolah tersebut.


Selesai memberikan pemahaman tentang Pancasila KASAD memberikan bingkisan kepada ibu guru dan beberapa orang murid dilanjutkan foto bersama di halaman depan SDN 12 Entikong.


selanjutnya rombongan menuju ke PLBN Entikong untuk melihat kondisi disekitar PLBN Entikong di sambut oleh Semua Kepala Instansi dan petugas yang berkepentingan  di sekitar PLBN Entikong , langsung foto bersama di tugu Garuda Pancasila.

Setelah Foto bersama KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberi penjelasan lagi terkait Kunjungan Kerjanya Ke Entikong .


Pada hari ini saya ditemani oleh Kapolda, Pangdam XII/Tpr Kalimantan-Barat dan para asisten serta Danrem untuk meninjau pasukan di perbatasan di PLBN Entikong ,perbatasan dengan Malaysia, saya ingin melihat bagaimana sejauh pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota di perbatasan ini dan bagaimana menyikapi apa saja terjadinya pelolosan pelolosan,atau personil personil dari angkatan darat yang melakukan tindakan-tindakan, tentunya ini harus sesuai dengan prosedur prosedur.

dan ini di PLBN Entikong ini yang resmikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi Widodo tahun 2016 sangat bagus sekali dan ini sangat mengapresiasi semua kalangan sehingga bahwa pemerintah ini sangat luar biasa, artinya begitu megah bangunan ini dan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan warga negara Indonesia yang berada di sini dan begitu juga bagi warga negara Malaysia pelayanannya di sini luar biasa sangat tertib, sangat familier, harumanis , sehingga tidak terlalu sulit di dalam birokrasi terima kasih untuk itu semuanya," Ucap KASAD Jendral TNI Dudung Abdurachman, saat di wawancarai Media Penakhatulistiwa. 


Fernando M