PENA KHATULISTIWA
Januari 30, 2022, 17:02 WIB
Last Updated 2022-01-30T10:02:23Z

Keluarga Besar Dayak Taman Gelar Mubes Ke-I Ini Ketua Terpilih

Advertisement

 PENAKHATULISTIWA.ID, (SEKADAU)- Keluarga Besar  Dayak Taman Sekadau (KBDTS) Menggelar Musyawarah Besar (Mubes) Ke-I .sabtu(29/01/22) 

Anggota DPRD Kab Sekadau Hasan, S.E saat memberi sambutan


Suku Dayak Taman, merupakan salah satu sub suku dayak yang berasal dari Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. 


Dilaksanakan-nya Mubes ini sebagai bentuk untuk mempertahankan warisan budaya suku dayak taman.


Dengan mengangkat sebuah tema yakni

"Melalui Musyawarah Besar Masyarakat Hukum Adat Dayak Taman Sekadau, Kita Lahirkan Pemimpin yang Inovatif dan Berbudaya"


Petrus Onem, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Nanga Taman dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada Keluarga Besar Dayak Taman atas terselenggaranya Mubes ini, ia berharap melalui Mubes ini mendapatkan pemimpin yang handal dan bijaksana


"Bermusyawarahlah dengan penuh niat untuk mengembangkan budaya. Semoga melalui musyawarah ini mendapatkan pemimpin yang kompeten dan dapat memajukan organisasi ini," pungkasnya



Dalam pemilihan pengurus pada mubes tersebut  terdiri dari 5 calon ketua. Yang pada ahirnya terpilih salah satu calon yakni Gunawan, asal Desa Sungai Lawak Kecamatan Nanga Taman, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sekadau. 


"Terima kasih kepada perwakilan masyarakat yang sudah mempercayakan posisi Ketua Suku Taman kepada saya dan saya berharap kedepan bisa bergandengan tangan dengan semua unsur dalam masyarakat adat Suku Taman, juga suku-suku yang lainnya serta tentu saja dengan media dalam upaya menyampaikan keputusan-keputusan penting kepada masyarakat dan kepada publik,” kata nya. 


"Untuk selanjutnya kami akan bermusyawarah untuk menyusun kepengurusan dan berbagai kelengkaoan organisasi, termasuk pelantikan pengurus sebagai legalitas berjalannya sebuah organisasi,”tambahnya. 


Reporter: IS