PENA KHATULISTIWA
Desember 22, 2021, 12:38 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
Berita

Polres Sanggau Gelar Rakor Listas Sektoral Sambut Nataru

Advertisement

 


PENAKHATULISTIWA.ID, (SANGGAU)- Bertempat di Aula Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jend Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Kordinasi Lintas Sektoral bersama unsur Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dalam Rangka Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilkum Polres Sanggau, Selasa 21 Des 2021.


Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K.,didampingi Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si., yang dihadiri Kajari Sanggau Tengku Firdaus, S.H, MH., Kasdim 1204 Sanggau MAYOR CZI Budi RahardI, PJU Polres Sanggau, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau diwakili oleh Yulianto, SP, Dansubdenpom XII/1.2 Sanggau KAPTEN CPM Temazezo Zebua, Kapolsek Jajaran, Ka Dinkes Ginting, SKM, M.Kes., Kadis Porapar L. Toto Martoyo, S.Sos, M.Si, Plt. Kakan Kemenag Mustaan, S.Ag, M.Pd, Ka Dishub Drs. Anselmus, M.Si., Kadis Perindakop Drs. Syarif Ibnu Marwan, M.Si, Kasat Pol PP Viktorianus, S.Sos, Kadis Cipta Karya Ir. Didit Richadi, MT, Kepala BPBD diwakili oleh Suprianto, Jasa Raharja Frederickus Erick, Dirut PDAM diwakili oleh Sandi Yudo, Kepala Telkom Aristia R, Kasi Bulog Hendra Dionisius, Ketua FKUB Pdt. Suyono Asun, M.Th, Ketua Bamag Pdt. Petrus Musa, Pastor Paroki Katedral P. Albert Yance, Pr, Ketua Muhammadiyah Ade Juandi, Ketua NU diwakili oleh Ayi Yusuf, Ketua Harian DAD M. Ajau, Wakil Ketua MABT Gideon, SE, Ketua Ormas Pemuda Pancasila Suherman, Ketua OMK Paroki Katedral Sanggau.


Dalam sambutannya Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan YME dan terima kasih kepada Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal dan para tamu undangan yang telah hadir dalam pelaksanaan Rakor Lintas Sektoral.


Kapolres mengungkapkan pelaksanaan Rakor Lintas Sektoral merupakan tindak lanjut Rakor Linsek yang telah dilaksanakan di tingkat Provinsi bertujuan sebagai penyamaan persepsi dalam rangka Ops Lilin Kapuas 2021 menghadapi NATARU di tengah Pandemi Covid-19 dengan esensi terciptanya aman nyaman, Kamtibmas Kondusif, Tidak adanya kasus menonjol di masyarakat, menekan Laka Lantas, serta perayaan NATARU tanpa munculnya cluster / kasus terkonfirmasi covid 19 di wil Kabupaten Sanggau. 


“Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mengacu kepada Permendagri No 66 Tahun 2021, Surat Edaran Menteri Agama No: SE. 31 Tahun 2021, Instruksi Gubernur Kalbar Nomor 443/4373/KESRA/2021 dan Perbup Sanggau Nomor 451/3722/ KESRA-A agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat dipedomani dalam perayaan Nataru,” ucapnya.


Polres Sanggau TMT tanggal 24 Desember 2021 s/d 2 Januari 2022 akan melaksanakan Operasi Lilin Kapuas-2021 dengan pelibatan Pers Res Sanggau bersama TNI, instansi serta Ormas dalam pelaksanaan Pam Ibadah Misa dengan sebanyak 78 Gereja menjadi  prioritas fokus pengamanan.


“Dalam kesempatan kegiatan Rakor hari ini, Kapolda Kalbar akan hadir bersama kita tuk memberikan arahan dan penekanan dalam menghadapi NATARU,” ujar AKBP Ade Kuncoro.


Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Sanggau mengucapkan terimakasih kepada Kapolres dan jajaran selaku tuan rumah atas pelaksanaan Rakor linsek, unsur FORKOPIMDA, OPD Instansi Vertikal dan para tokoh yang telah hadir dalam kegiatan. 


“Terimakasih kepada Kapolres Sanggau yang telah menindaklanjuti hasil Rakor ditingkat Provinsi terkait arahan Gubernur, Kapolda dan Pangdam dalam menghadapi NATARU di wilayah Kabupaten Sanggau.,” ucapnya.


“Saya telah mengeluarkan Perbup Sanggau Nomor 451/3722/ KESRA-A tanggal 16 Desember 2021 yang mengacu kepada Instruksi Gubernur Kalbar dalam Pelaksanaan Nataru di tengah Pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sanggau,” tambahnya.


Paolus Hadi mengungkapkan Perkembangan terakhir Covid-19 di kab sanggau kita masih mengejar capaian Vaksinasi sebesar 66% dari target 70 %. 


“Saya minta agar Dinas / Instansi jajaran Pemkab Sanggau turut berpartisipasi aktif mendukung Pemerintah menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sesuai Tupoksi,” pesannya.


“Saya mohon pamit untuk bertugas di tempat yang baru dan meminta maaf jika selama bertugas di Polda Kalbar masih belum optimal. Secara keseluruhan saya mengapresiasi yang telah diselenggarakan oleh jajaran, mohon pamit, memohon maaf serta meminta doa dan dukungan agar ditempat baru selalu dalam lindungan Tuhan YME,” tutupnya.


Pelaksanaan kegiatan Rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilkum Polres Sanggau sebagai bentuk Penyamaan persepsi serta langkah kebijakan strategis sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam mengantisipasi Potensi Lonjakan Covid-19 menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Sanggau.


Fernando M