PENA KHATULISTIWA
Desember 08, 2021, 17:19 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
Berita

Permudah Pelayanan Kepada Maeyarakat Disdukcapil Rohul Buka Pelayanan Di Desa Kandis

Advertisement
PENAKHATULISTIWA.ID, (ROKAN HULU)-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten RokanHulu bekerjasama dengan pemerintah desa Sei Kandis,Kecamatan Pendalian IV Koto,Kabupaten Rohul,Provinsi Riau mengadakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat, Rabu(8/12/21)

Dalam kegiatan ini hadir langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Bpk H. syaiful Bahri S. Sos M.Si didampingi Camat Pendalian IV Koto Afkar S. Sos, Kepala Desa (Kades) Sei Kandis Tenang, Ketua BPD Sei Kandis M. Ripai.Kegiatan ini berlangsung di kantor Desa Sei Kandis,hari Rabu, 08 Desember 2021.

Disdukcapil menyelenggarakan kegiatan melayani kebutuhan masyarakat dalam hal perekaman pembuatan E KTP,pembuatan kartu Keluarga (KK), pembenahan kesalahan penulisan dalam KK, pembuatan akta kelahiran serta pembuatan akta kematian.

Pelayanan pembuatan dokumen atau surat -surat penting tersebut seperti akta kelahiran, KTP, KK dan akta kematian untuk daerah perbatasan seperti wilayah kecamatan Pendalian IV Koto mendapatkan prioritas karena mengingat keberadaan lokasi yang jauh jangkauannya untuk ke kantor Disdukcapil.

"Kalau dari pemerintah desa wilayah kecamatan Pendalian IV Koto ini sudah kami prioritaskan karena untuk daerah pinggir dekat perbatasan kabupaten dan jauh dari jangkauan mengingat beaya dan jarak yang jauh",kata Kadis dikantor desa Sei Kandis. 

Pemerintah kabupaten berusaha semaksimal mungkin untuk pelayananan masyarakat dengan bekerjasama dengan Kominfo dan menggunakan jaringan Telkomsel.

"Kadisdukcapil bisa melayani masyarakat walau tidak sedang berada dikantor,karena melayani melalui jaringan atau online,On-line kerjasama Kominfo dan memakai jaringan telkomsel  untuk mempermudah serta mempercepat kinerja dalam pembuatan dokumen atau surat-surat penting",tambahnya. 

Disdukcapil telah memprioritaskan pelayanan melalui jalur yang benar atau resmi dan berharap kepada masyarakat jangan menggunakan jasa calo.Jasa calo yang sering berkeliaran di sekitaran kantor dan melakukan permohonan pembuatan surat-surat penting akan ditolak.Dalam hal mengurangi jasa calo Disdukcapil memasang kamera CCTV dibeberapa titik di kantor Disdukcapil.

"Jangan pernah berusaha untuk kerjasama dengan calo dan dinas sudah pasang cctv untuk memantau kegiatan calo tersebut,kami di kantor melayani masyarakat dengan gratis,dan kalau dalam keadaan tertentu atau mendesak kita bisa layani pembuatan surat pindah secara on-line,dan juga kami berharap kepada masyarakat yang sudah mempunyai KTP, KK, akta kelahiran dan surat-surat penting yang lainnya untuk menjaganya dengan baik,jangan sebentar-sebentar hilang atau rusak",jelas Syaiful Bahri. 

"Disdukcapil mau diundang untuk kerjasama atau turun ke desa-desa dengan catataan ada ruangan, jaringan internet dan listrik tersedia. Dan kebetulan camat Pendalian IV Koto  sudah sering bekerjasama dengan dinas Disdukcapil,kalau urusan maupun pendataan kita konek langsung dengan pemerintah pusat. Maka dari itu saya (Kadis) menekankan kedisiplinan petugas dari dinas dukcapil untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat",pungkasnya. 

Dalam kegiatan ini Kades Sei Kandis Tenang merasa senang serta terbantu dan juga melancarkan jalannya kegiatan vaksinasi.

"Saya merasa senang dan terbantu, karena dwngan adanya pengurusan surat-surat penting ini, kita terapkan wajib vaksin, uang belum vaksin tidak bisa mengurusnya, jadi kegiatan vaksinasi juga terbantu",kata Tenang di ruangkerjanya.

Redaksi: Muryono
Editor: Iwan Soleh