November 10, 2021, 13:34 WIB
Last Updated 2022-01-04T05:26:32Z
Berita

Upacara peringatan Hari Pahlawan dipimpin langsung oleh Gubernur Sutarmidji

Advertisement
PENAKHATULISTIWA.ID,(PONTIANAK) Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., bersama Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.Rabu 10 Nov 2021.
Upacara peringatan Hari Pahlawan dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Upacara diikuti oleh TNI-Polri, Satpol PP, Veteran serta ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji saat membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menegaskan bahwa kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima Kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita  mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia. 

"Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan," tegasnya. 

Gubernur menyampaikan, para Pahlawan kita dengan gagah  
berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya, walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan Merdeka atau Mati. Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul dan semangat pantang menyerah, inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun. 

"Kita adalah anak dan cucu  
kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 yaitu Pahlawanku Inspirasiku," ujar Gubernur Kalbar. Pendam XII/Tpr,

 Fernando M)