Oktober 19, 2021, 20:58 WIB
Last Updated 2021-10-19T13:58:58Z

Soal Kebutuhan Puskesmas Ini Harapan Kapus Pendalian Koto IV Kepada Pihak Terkait

Advertisement
PENAKHATULISTIWA.ID,(ROKAN HULU)- 
Ada Beberapa Hal Yang Disampaikan Kepala Puskesmas(Kapus) Pendalian IV Koto,Kabupaten Rokan Hulu,Provinsi Riau Mengenai Kebutuhan Puskesmas
Selasa,(19/10/2021),
Dalam rangka silaturahim dengan awak media,Wana Irwana selaku Kepala Puskesmas Pendalian IV Koto berharap agar media mampu menyalurkan atau menyampaikan aspirasinya kepada pihak-pihak yang terkait. 

"Saya sudah beberapa kali membuat proposal untuk pengadaan gedung aula puskesmas.Dari tahun 2015, saya membuat proposal tersebut setiap tahunnya. Bahkan tahun 2020 kemaren sampai 3 kali membuat proposal yang ditujukan Bapedda, Dinas Kesehatan dan satu lagi ke anggota dewan"kata Wana Irwana diawal perbincangan kami.

"Seiring berjalannya waktu kami mendapat kabar bahwa permohonan pengadaan gedung aula puskesmas Pendalian IV Koto jebol, akhir bulan Desember 2020 kemaren masih tercantum disitu, tapi sampai akhir bulan Januari 2021 kok hilang, entah apa sebabnya kami tak tahu",keluhnya.

Mengenai perkembangan covid-19 Wana Irwana menyampaikan bahwasannya dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pandemi ini memang ada,merasa bersyukur,masyarakat mau mengikuti vaksin. 

"Alhamdulillah,masyarakat sudah mulai sadar dengan adanya covid ini memang ada, sehingga masyarakat dengan penuh antusias mengikuti vaksinasi.Malah kami kewalahan.Sampai-sampai dua minggu terakhir kita kosong vaksinnya".

Sebagai Kepala Puskesmas terus berusaha mencari peluang untuk mendapatkan vaksin dengan cara bekerja sama dengan berbagai pihak. 

"Kemaren saya berusaha menghubungi beberapa sektor seperti Dinas Kesehatan,Polres,Koramil,bahkan beberapa partai yang kemarin mengadakan vaksin di tingkat Kabupaten". 

Disamping keberhasilan dalam menekan penyebaran covid melalui vaksinasi namun beliau juga merasa kurang puas. 
"Walaupun kita dalam rangka pencegahan covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu mencapai lima besar keberhasilannya,tapi saya masih kurang puas, mengingat penduduk kita saat ini baru sekitar 39,34% yang mendapatkan vaksin.Dan saya berharap dari beberapa sektor yang bersedia membantu untuk pengadaan vaksin".

Wana Irwana merasa sedikit heran, mengapa di luar Kabupaten Rohul masih bisa melaksanakan vaksin sedangkan kita kekurangan atau mengalami kekosongan vaksin. 
"Saya heran, mengapa di luar Kabupaten Rohul masih bisa melaksanakan vaksinasi tapi kita kok nggak, entah bagaimana caranya itu? "

Ada juga disampaikan Kepala Puskesmas ini tentang pengadaan mobil ambulan yang sampai sekarang belum ada kepastiannya. 
Dulu pernah saya sampaikan kepada Pak Adam Safaat anggota dewan tingkat propinsi dari fraksi PKS.
"Jadi ambulan kami cuma satu unit dan kami mau ke pasir pengarayan jauh serta jangkauan ke masyarakat juga perlu kita pertimbangkan mengingat kondisi jalan"
"Oh iya itu memang sangat dibutuhkan,seperti inilah Pak Kapus yang kami harapkan, untuk hal-hal yang menyangkut kebutuhan masyarakat banyak sampaikan kepada saya nanti akan saya bawa ke propinsi dan didiskusikan dengan Kepala Dinas di propinsi",kata Wana mengutip penyampaian Adam Safaat beberapa waktu yang lalu.

Namun usaha ini belum membuahkan hasil, sehingga Wana Irwana mohon dengan sangat  kepada pihak-pihak terkait serta Kepala Pemerintahan yang bersangkutan untuk memperhatikan dan memberikan peluang untuk puskesmas Pendalian IV Koto dari usaha pencegahan penularan covid-19,pengadaan Mobil ambulan dan terutama pengadaan gedung aula. 

"Kami kalau ada acara atau musyawarah yang kita pakai adalah ruang tunggu, Mas, sebetulnya kurang memadai. Tapi kita memanfaatkan yang ada dulu",tutupnya.

Penulis:Muryono