Agustus 26, 2021, 15:49 WIB
Last Updated 2021-08-26T08:52:30Z

Dusun Bumi Rejo Desa Timpuk Deklarasikan ODF, Ini Pesan Wabub Untuk Desa Timpuk

Advertisement
PENAKHATULISTIWA.ID, (SEKADAU)-
Dusun Bumi Rejo, Desa Timpuk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Mendeklarasikan Open Defectation Free(ODF) pada kamis(26/8/21)

Wakil Bupati Sekadau(Wabub), Subandrio, pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa sanitasi atau yang sering disebut kesehatan lingkungan merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.
foto saat wabub subandrio membuka tirai

“Sanitasi yang identik dengan penyediaan air bersih, jamban keluarga, sarana pengelolaan sampah dan sarana pembuangan air limbah apabila didukung dengan perilaku hidup bersih dan sehat akan mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah serta cacingan yang berkontribusi terhadap terjadinya stunting yang menjadi isu strategis masalah kesehatan,” kata Subandrio.

Lebih lanjut, ia juga menyebut program tersebut sudah berjalan sejak lama, namun dari 87 desa baru hanya 27 desa yang sudah menyatakan dirinya ODF atau stop buang air besar sembarangan, 

"Itu artinya masih banyak PR kita terkait lingkungan, dimana masih kita temui kasus stunting di kabupaten sekadau," jelasnya

"Saya percaya bahwa dengan usaha terus menerus dengan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri, program stop buang air besar sembarangan akan dapat terlaksana," tambah wabub Subandrio.

“Semoga momentum ini bisa menjadi pemicu bagi desa lain di Kabupaten Sekadau untuk bisa segera mewujudkan program stop buang air besar sembarangan,” tutupnya.

Sementara itu, Selamet Subagiyo kepala puskesmas Sekadau hilir, mengucapkan selamat dan apresisai kepada seluruh masyarakat dusun bumi rejo, Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas sekadau hilir yang berhasil mewujudkan dusun bumi rejo sebagai Desa ODF.

“Untuk dapat mewujudkan lingkungan yang sehat pemerintah telah mengembangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu sebuah pendekatan untuk mengubah perilaku Hygienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

“Desa  timpuk sudah bisa membuktikan kalau serius dan komitmen pasti bisa,
Nanti dusun-dusun yang lain tetap harus semangat," tambah subagiyo

Tujuan dari STBM ini adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar STBM yaitu Desa STBM dan mendukung tercapainya kemandirian desa atau yang disebut Desa Mandiri.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan membuka tirai plang bertuliskan deklarasi ODF Dusun Bumi Rejo oleh wabub sekadau subandrio, dan foto bersama. 

Acara tersebut juga tetap mengutamakan protokol kesehatan, panitia deklarasi menyediaka tempat cuci tangan dan masker, serta diruangan terbuka.

Penulis:iwan soleh