PENA KHATULISTIWA
Juni 01, 2021, 09:23 WIB
Last Updated 2021-06-01T02:23:20Z
BeritabudadayKalbarsambasTNI

Warga Desa Aping, Sambas Gelar Ritual Ba'Samsam

Advertisement

Warga Desa Aping, Sambas melaksanakan ritual Ba'Samsam

PENA KHATULISTIWA (SAMBAS) -  Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns ikut hadir dalam  ritual adat Ba'Samsam  di Desa Aping, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.


Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan adat istiadat merupakan budaya yang wajib dihormati dan dilestarikan.


"Adat istiadat di setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing, sehingga keberadaan Satgas di daerah penugasan harus mampu menghormati seluruh adat dan budaya serta kearifan lokal tersebut dan sedapat mungkin ikut melestarikannya,” ujar Dansatgas.


Di tempat terpisah, Danpos KM 28, Sertu Suryanto mengatakan ia dan rekan-rekannya sangat menghargai budaya setempat.


"Tradisi ini mungkin asing bagi kami, tapi kami personel Satgas berkewajiban untuk menghormati semua tradisi dan adat istiadat yang berlaku di daerah ini. Karena prinsip kami adat itu diciptakan juga untuk menertibkan masyarakatnya. Kami akan selalu mengedepankan sikap toleransi dan saling menghargai dalam bertugas," ucap Sertu Suryanto.


Dalam kegiatan tersebut personel pos KM 28 juga melakukan kegiatan pengobatan dan pembagian masker kepada masyarakat. 


"Ini merupakan kegiatan positif, sehingga tidak menghalangi kami ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini karena kami sudah jadi bagian dari masyarakat Desa Aping itu sendiri," ujar Danpos.


Ba'Samsam sendiri ditujukan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 agar segera berlalu.


Ritual adat Ba'samsam dilakukan dengan beberapa proses, yakni dengan pelarangan warga setempat untuk keluar rumah dan warga dari luar kampung dilarang untuk memasuki kampung tersebut. 


"Saya perwakilan warga Aping disini sangat berterimakasih kepada bapak TNI dari Pos yang ikut hadir dan membantu melancarkan acara kami, semoga apa yang selama ini bapak TNI bantu dapat dibalas kebaikannya oleh Tuhan," ujar Gadu, Ketua Adat Desa Aping.*


Pen Satgas 643 Wns/Fernando M

Editor : BGP