Yakop
Januari 30, 2021, 15:01 WIB
Last Updated 2021-01-30T13:03:25Z
Kesehatan

Sembilan Manfaat Madu dan Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement
Foto: Image Google

PENAKHATULISTIWA - Kunyit dan madu kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ini sederet manfaat madu dan kunyit untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. 

Masyarakat tanah air pasti sudah tidak asing dengan kunyit dan madu. Maklum saja, kunyit merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan sampai bahan membuat jamu. 

Sedangkan, madu kerab dikonsumsi sebagai pemanis minuman. Tidak sedikit orang juga yang sengaja mengonsumsi madu untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.Kunyit dan madu sama-sama memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Lantas, bagaimana jika kunyit dan madu digabungkan? 

Tentu, manfaatnya sangatlah baik untuk tubuh, apalagi di masa wabah seperti saat ini. 

Sebagai bahan alami, baik kunyit maupun madu, dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, bahkan mencegah kanker.  

Berikut ini beberapa manfaat minum kunyit dan madu yang sayang jika dilewatkan. 

1. Meningkatkan sistem imun 

Salah satu manfaat minum kunyit dan madu yang bisa kita dapatkan adalah meningkatnya sistem imun. Sebab, baik kunyit maupun madu sama-sama memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan.

Sifat-sifat tersebut akan membantu tubuh lebih siap dalam menghadapi serangan berbagai penyebab penyakit mulai dari bakteri hingga virus. 

2. Menurunkan kolesterol 

Kunyit maupun madu juga sama-sama dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung dan stroke. 

3. Menyehatkan paru-paru 

Rutin mengonsumsi kunyit juga dinilai baik untuk kesehatan paru-paru. Rempah yang satu ini disebut berpotensi meredakan gejala penyakit paru kronis. 

Bahkan menurut penelitian, kunyit juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma, fibrosis paru, hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). 

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minum kunyit yang satu ini. 

4. Menjaga daya ingat 

Madu mengandung polifenol yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat secara signifikan. 

Sementara itu, antioksidan yang terdapat pada kunyit mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit degeneratif yang paling banyak terjadi dan membuat pengidapnya pikun.

5. Baik untuk pengidap diabetes 

Manfaat minum kunyit dan madu untuk para pengidap diabetes juga tak kalah baiknya. 

Kunyit dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy atau penyakti ginjal diabetes. 

Namun peran kunyit tersebut baru didapatkan dari penelitian menggunakan hewan uji. Hingga saat ini, penelitian secara klinis di manusia masih perlu lebih banyak dilakukan. 

Sementara itu, madu bisa menjadi alternatif pemanis yang sedikit lebih sehat dibanding gula. 

6. Meredakan peradangan 

Baik kunyit maupun madu sama-sama mengandung bahan antiperadangan yang menyehatkan untuk tubuh. 

Kandungan antiinflamasi dalam kunyit bahkan disebut dapat menjadi alternatif obat antiradang seperti ibuprofen. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. 

Beberapa kondisi peradangan di tubuh yang dinilai bisa diredakan oleh kunyit antara lain radang sendi atau arthritis, penyakit radang usus, dan radang pankreas. 

7. Menjaga kesehatan kulit 

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini di kulit. 

8. Membantu meredakan batuk 

Anda juga bisa memberikan campuran kunyit dan madu bagi anak untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh sekaligus meredakan batuk. 

Di sebuah penelitian yang dilakukan pada 300 orang anak berusia 1-5 tahun, madu terbukti bisa meredakan batuk yang menyerang di malam hari, sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur anak-anak tersebut. 

9. Mencegah kanker 

Manfaat minum kunyit dan madu yang terakhir adalah mencegah kanker. Sifat antiperadangan dan antioksidan yang dimiliki oleh keduanya berperan besar untuk mendapatkan khasiat yang satu ini. 

Meski alami, kunyit dan madu tetap bisa memicu alergi bagi beberapa orang. Sehingga, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila ingin mengonsumsi campuran kunyit dan madu sebagai obat atau suplemen. 

Sebab, bahan-bahan ini bisa saja mengganggu kerja obat yang sedang rutin Anda minum. 

Cara membuat minuman kunyit dan madu 
Bagi yang ingin mencoba untuk mulai minum kunyit dan madu secara rutin, berikut ini resep yang bisa dicoba. 

Bahan 

  • 2 sendok teh kuyit bubuk atau parut 
  • Madu satu sendok teh 
  • Air secukupnya 

Cara membuat

Rebus air hingga mendidih, jumlah air bisa disesuaikan dengan selera, ingin yang encer atau sedikit pekat. Campurkan kunyit dan rebus selama kurang lebih 10 menit. 

Saring air rebusan kunyit dan masukkan ke gelas. Campur madu dan aduk hingga rata. Jika ingin tambahan rasa, Anda bisa tambahkan perasan lemon, jeruk nipis, atau jahe. 

Manfaat minum kunyit dan madu di atas memang terlihat menggiurkan. Namun, Anda juga perlu ingat bahwa campuran keduanya bukanlah satu-satunya jalan untuk meningkatkan imun maupun menyembuhkan penyakit.